Cara Menyusui Bayi baru lahir dan Ketahui tahap perkembangannya

Cara menyusui bayi baru lahir

Cara Menyusui Bayi baru lahir dan Ketahui tahap perkembangannya

Menyusui
adalah aktifitas normal yang sering dialami oleh seorang ibu yang baru lahiran, bayi yang baru lahiran harus  di susui sebanyak 10 sampai 12  kali selama 24 jam. mungkin mudah untuk sebagian ibu namun beda lagi bagi ibu yang pada awal kelahiran.

Jadi untuk menyusui dengan nyaman dan juga baik dan benar yang perlu diperhatikan ada dua hal adalah posisi dan perlekatan, untuk posisi yang awamnya sering tau adalah posisi cradle seperti ketika menggendong bayi pastikan bayinya itu sejajar, baik dari telinga dengan bahu segaris lurus dan tidak menoleh, kalau bayinnya menoleh cenderung tidak nyaman.

Cross cradle

Hanya untuk pengarahan dari awalnya saja, dimana tangan cenderung memegang area  leher dan kepala bayi kemudian diarahkan ditopang  dengan tangan yang satunya. Begitu juga setelah cross cadle, pasti balik lagi ke cradle, pastikan bahwa tangan itu yang menopang bukan menahan karena kalau menahan pundaknya akan kaku, kalau sampai tertahan cenderung tidak nyaman, mau menggerakan kepala aja susah.

Football 

Menggunakan bantuan  bantal menyusui, bantalnya jadi huruf C dan tetap harus sejajar segaris lurus antara telinga dan bahu. untuk area tangan seperti memeluk tidak mengganjal, jadi posisi lebih dekat dengan ibunya.

Side lying

Untuk posisi ini tidak memerlukan bantal bisa pakai bedong yang dilipat supaya ketika hidungnya ketutupan kita bisa tarik sedikit anaknya, kembali lagi dari ketinggian payudaranya, yang jadi faktor penentu adalah pundak ibu untuk diarah arahkan.

Tips menyusui  Bayi  baru lahir ASI nya berlimpah

Kapan ASI mulai diproduksi?

Produksi asi prosesnya dinamakan laktogenesis terdiri  dari 3 tahapan. Tahap 1 dimulai dari sejak usia kehamilan ibu menginjak 16 sampai 20 minggu disinilah kadar progesteron yang tinggi mencegah kolostrum dikeluarkan.

Setelah bayinya lahir lalu plasenta dikeluarkan maka asi biasanya dikeluarkan karena adanya penurunan kadar  progesteron yang pesat. setelah itu disambung dengan proses laktogenesis kedua.

Latogenesis kedua yaitu 30 sampai 40 jam pasca persalinan, pada masa inilah sebagian besar mayoritas asi dikeluarkan. selanjutnya setelah 3 bulan menjadi proses laktogenesis ketiga yaitu komunikasi hormonal digantikan menjadi proses lokal, disinilah proses lokal pengosongan payudara menjadi krusial untuk mempertahankan produksi asi selanjutnya.

Bayi baru lahir kekurangan produksi asi, ketahui penyebabnya?

  1. Pembatasan dari durasi menyusui, prinsip pemberian asi pada periode menyusui ekslusif adalah semau bayi atau on demand. jadi kapan pun bayi minta tetap berikan.
  2. Tetap yakin bisa menyusui karena dengan keyakinan dan percaya diri yang  tinggi akan menstimulasi  dan meningkatkan produksi oksitosin yaitu hormon yang mengalirkan ASI. 

Tahap tahapan perkembangan bayi baru lahir

Siapa sih yang tidak sabar liat tingkah lucu perkembangannya. pastinya menjadi kebanggaan tersendiri bisa melihat perkembangan sikecil sesuai usianya.

Usia satu bulan

Sikecil sudah mulai bergerak namun masih berupa reflek walaupun geraknya masih berupa reflek si kecil akan menggerakan tangan dan kaki dengan aktif, setelah lahir bayi sudah membuka matanya dan menatap ibunya walaupun jarak pandanganannya 18 sampai 45 cm, walaupun masih berusia  1 bulan sikecil bisa membedakan ibunya sendiri sama orang lain.  diusia 1 bulan biasanya menangis tanpa air mata.

Usia dua bulan

Sikecil suudah mampu mengangkat kepala meskipun belum terlalu kuat dan seimbang. tak hanya mengangkat kepala ia sudah mulai merespon suara, selain itu juga sudah bisa mengeluarkan suara seperti aaa,,, atau ooo.. yang lebih menggemaskan lagi sikecil mulai tertawa dan senyum.

Usia tiga bulan

Sikecil sudah mengangkat kepala dengan tegap saat tengkurap selain itu, sudah bisa tertawa dengan suara yang lucu dan membalas senyuman.

Usia empat bulan

Bayi tidak dianggap lagi bayi bayu lahir, pada usia ini sikecil sudah bisa memindah kan benda dari satu tangan ketangan lain. sikecil akan mengulang suatu perilaku karena senang atau tertarik dengan respon lingkungan misalnya menjatuhkan barang.

Usia lima bulan

Bayi sudah aktif mencari suara yang ia dengar seperti suara ibunya atau dari mainan, tahap ini pula sudah mulai bisa duduk dari posisi tengkurap dengan bantuan orang sekitar. selain bisa duduk juga lebih aktif meraih benda benda menarik yang ada disekitarnya. sudah bisa  ngomong beberapa patah seperti ibu atau ayahnya.

Usia enam bulan

Mulai bisa duduk dengan ditopang, dimulai sikecil 6 bulan karena diusia ini mulai belajar merangkat, mulai tertarik pada benda kecil dan memasukkannya kedalam mulut hal ini harus diwaspadai. Namun setiap anak berbeda beda tahap perkembangan yang dialaminya tergantung dari stimulasi yang diberikan jadi dipantau selalu perkembangan sikecilnya. 

Pantangan mengasuh bayi baru lahir

Tidak boleh memberikan makanan dan minuman selain ASI atau susu formula untuk anak usia 0 sampai 6 bulan. jadi kalau ada yang memberikan kopi supaya tidak kejang itu tidak diperbolehkan.

Kemudian kalau anak nangis terus menerus bukan dikira lapar atau ASI nya tidak cukup lalu diberikan air putih bahkan pisang itu semua tidak diperbolehkan harus bener diperhatikan. sekian dari artikel mengenai cara menyusui bayi baru lahir dan mengetahui tahapan tahapannya.



Tiada ulasan for " Cara Menyusui Bayi baru lahir dan Ketahui tahap perkembangannya"