Tahapan Cuci Tangan Yang Benar Dapat Menyelamatkan Nyawa

Tahapan Cuci Tangan Yang Benar Dapat Menyelamatkan Nyawa
Salah satu kegiatan paling penting  untuk menghindari tertular penyakit dan menyebarkan kuman ke orang lain adalah mencuci tangan. Pencegahan penyakit dapat ditingkatkan, dan penyebaran penyakit dapat dibatasi dengan sabun cuci tangan antiseptik.

Daftar Isi

Banyak wilayah pedesaan atau kota masih kesusahan memiliki akses air bersih yang mengalir, tetapi sabun dan air yang tersedia masih bisa efektif. Dalam kondisi di mana sabun dan air tidak tersedia,
Sebaiknya menggunakan pembersih untuk mencuci tangan setidaknya mengandung 60% alkohol untuk membunuh kuma bakteri.

Mencuci tangan dengan benar menjadi penting sebelum dan setelah makanan. Untuk mencegah penyebaran penyakit dan meningkatkan kebersihan pribadi, tangan harus dicuci secara menyeluruh pada waktu Sebelum makan. Tangan mengandung banyak bakteri yang dapat dengan mudah dipindahkan ke sistem pencernaan. Kuman dapat ditransfer dari orang sedang sakit, jadi penting untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit.

Tangan Anda harus dicuci setelah batuk, bersin. Sebelum dan setelah merawat luka, mencuci tangan akan menghilangkan bakteri yang ada. Tangan harus dicuci setelah ke toilet. Pastikan untuk mencuci tangan dengan seksama setelah menyentuh sampah, binatang, atau kotoran hewan.

Ada prosedur yang diperlukan untuk mencuci tangan yang benar.

  1. Tangan harus terlebih dahulu basah dengan air mengalir sebelum menggunakan sabun antiseptik.
  2. Menggunakan sabun dalam jumlah yang banyak. Benar-benar menyabuni tangan Anda sehingga tertutup. Sekarang cuci di antara jari-jari dan pastikan untuk mendapatkan kembali tangan Anda di mana kuman sering berada.
  3. Gosok tangan Anda bersama selama setidaknya 30 detik.
  4. Setelah dibilas, Anda harus mengeringkan tangan dengan handuk bersih.
Back to Content
Mencuci tangan adalah cara yang mudah untuk mencegah penyebaran kuman dan mempertahankan kesehatan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa mencuci tangan dapat meningkatkan produktivitas. Bakteri dan kuman dapat menyebar dengan cepat.

Hal-hal Penting untuk Diketahui tentang cara mencuci tangan

Hal-hal Penting untuk Diketahui tentang cara mencuci tangan
Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar bahwa pembersih tangan efektif membunuh kuman. Ya, ini benar, tetapi mengapa begitu efektif? Apakah lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan produk pembersih tangan? Ini adalah beberapa pertanyaan sering ditanyakan, jadi saya melakukan sedikit riset.

Pembersih tangan bekerja karena konsentrasi alkoholnya yang tinggi, dan alkohol membunuh sebagian besar kuman dan bakteri. Jika Anda menggosok alkohol di tangan Anda selama sekitar 30 detik, itu akan membunuh banyak bakteri. Statistik yang perlu dicatat adalah bahwa seseorang yang menggunakan pembersih juga cenderung menunjukkan pengembangan kembali bakteri yang lebih lambat.

Setiap orang memiliki bakteri di tangannya setiap saat, tetapi pembersih tangan memperlambat pertumbuhan bakteri, jika digunakan dengan benar. Telah ditunjukkan bahwa penggunaan pembersih tangan. Pembersih berbasis alkohol juga bisa lebih efektif daripada mencuci tangan dalam beberapa kasus karena lebih mudah dan lebih cepat digunakan. Agar cuci tangan benar-benar efektif, Anda harus menggunakan air hangat, sabun, dan busa selama sekitar 2 menit. Kebanyakan orang terlalu tidak sabar untuk ini, jadi mencuci tangan tidak sepenuhnya efektif dalam membunuh bakteri di tangan Anda. Pembersih tangan, di sisi lain, dapat dibawa dengan Anda dalam botol kecil dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk membunuh kuman.
Back to Content

Mana yang Lebih Efektif - Cuci Tangan dan Pembersih Tangan?

Banyak orang menganggap menggosok tangan mereka dengan pembersih tangan sama dengan mencuci tangan. Tetapi apakah ini benar, atau apakah kita semua orang yang memiliki kuman-fobia membiarkan tangan kita tetap kotor?

Pembersih tangan sebagian besar terdiri dari etanol, alkohol yang biasa digunakan untuk membersihkan laboratorium dan menjaga barang-barang tetap steril saat eksperimen halus sedang dilakukan. Kandungan alkohol yang tinggi inilah yang memastikan bahwa 99,9% bakteri penyebab penyakit umum di tangan Anda terbunuh.

Tangan adalah bagian penting untuk menjaga kebersihan karena tangan secara teratur bersentuhan dengan sebagian penyakit di tubuh Anda: ini termasuk mulut, hidung, dan konjungtiva (atau sudut) mata Anda. Pusat Pengendalian Penyakit merekomendasikan agar Anda secara teratur mencuci tangan dengan sabun dan air, tetapi ketika Anda sedang bepergian dan hal-hal itu tidak tersedia, lihat pembersih tangan sebagai hal terbaik berikutnya. Sabun dan air menghilangkan kotoran serta membunuh kuman, sedangkan pembersih tangan hanya bisa membunuh kuman.

Faktor paling penting dalam membersihkan tangan Anda lebih banyak berkaitan dengan lamanya waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya daripada dengan bahan yang Anda gunakan. Mencuci tangan hanya beberapa detik. Kebanyakan orang mencuci tangan ketika berada di kamar mandi ,sebagian besar tidak efektif. Penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan singkat ini hanya akan membunuh sejumlah kecil kuman, sehingga pada dasarnya tidak ada gunanya. Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci tangan lebih teliti, gunakan pembersih tangan ,ini lebih efektif daripada mencuci singkat. Namun, mencuci tangan selama 30 detik lebih panjang akan membunuh lebih banyak kuman daripada pembersih tangan atau pembersih tangan.
Back to Content

Kapan penting bagi Anda untuk mencuci tangan? 

Kapan penting bagi Anda untuk mencuci tangan?
Setelah pergi ke kamar mandi dan juga sebelum Anda makan atau minum, sebelum dan sesudah menangani daging mentah, unggas atau telur, setelah menghabiskan waktu di tempat umum atau naik transportasi umum, dan ketika Anda sakit. Ikuti aturan metode pembersihan yang paling efektif untuk kerangka waktu Anda dan Anda harus aman dan berhenti menularkan kuman yang tidak sehat kepada orang lain.

Jika kami memberi tahu Anda semua tempat di mana Anda dapat mengambil kuman penyebab penyakit, Anda mungkin tidak pernah meninggalkan rumah. Sebagai gantinya, ingatlah untuk mencuci tangan dengan saksama setelah berada di tempat umum atau sebelum makan apa pun. Ikuti aturan sederhana ini, dan Anda harus aman dari sebagian besar bakteri yang bisa membuat Anda sakit. Dan jika Anda sedang bepergian, jangan lupa pembersih Anda!

Mengapa Mencuci Tangan itu Penting

Kita semua ingat menjadi seorang anak dan memiliki ibu yang terus-menerus menyuruh untuk mencuci tangan. Yah, dia melakukan sesuatu seperti biasa. Mencuci tangan adalah pertahanan pertama melawan jatuh sakit.

Mencuci tangan adalah menutup jalan kuman. Tangan Anda telah bersentuhan dengan apa saja. Sangat penting untuk mengingatkan bahwa yang Anda sentuh telah disentuh oleh orang lain juga. Statistik mengatakan bahwa salah satu bentuk menyebarkan kuman. Mencuci tangan adalah cara untuk menghindari masalah.

Jadi, kapan sebaiknya Anda secara khusus mencuci tangan? Jawabannya yaitu Sekarang, saya tidak ingin Anda menjadi orang munafik, tetapi kuman ada di mana-mana. Setiap kali Anda menyentuh permukaan yang juga dihubungi orang lain, Anda harus mencuci tangan. Setiap kali Anda berada di kamar mandi, Anda harus melakukan hal yang sama.

Waktu kritis untuk mencuci tangan juga merupakan salah satu yang paling disalah gunakan. Saat Anda makan, Anda menggerakkan tangan ke arah mulut. Tergantung pada apa yang Anda makan, Anda mungkin memasukkannya langsung ke mulut Anda. Tidakkah pintar menghilangkan kuman di tangan itu sebelum melakukannya? Tentu saja, tetapi sejumlah orang yang mengejutkan tidak mencuci tangan sebelum makan.

Seperti yang bisa Anda tebak, ada beberapa teknik berbeda untuk mencuci tangan dan beberapa bekerja lebih baik daripada yang lain dalam hal menghilangkan kuman. Anda mungkin berpikir air panas mendidih adalah yang terbaik, tetapi ternyata tidak. Air hangat akan cukup.

Sudahkah Anda Mencuci Tangan?

Menjaga kebersihan tangan adalah langkah awal yang tepat untuk tetap sehat. Ini membantu untuk menghindari sakit karena penyebaran kuman. Kebersihan dan sanitasi membantu melakukan kebiasaan hidup baik. Kebiasaan ini bermanfaat bagi kesehatan kita. Kita perlu menjaga kebersihan rumah kita dan lingkungan. Semuanya dimulai dengan kebersihan pribadi.

Kebersihan diri

Kebersihan pribadi sangat penting untuk kesehatan yang baik. Mencuci tangan adalah langkah pertama. Sebagian besar infeksi terjadi melalui sentuhan tangan. Dari setiap aktifitas tangan kita bersentuhan dengan banyak hal. Coba pikirkan berapa banyak hal yang Anda sentuh dalam satu hari.Pasti banyak terkena banyak infeksi, di dalam maupun di luar.

Kapan harus mencuci tangan?

  • Setelah menggunakan serbet atau kain pembersih.
  • Setelah membawa sayur dan buah dari pasar.
  • Sebelum, selama dan sesudah memasak.
  • Setika anak-anak kembali setelah bermain.
  • Setelah bermain dengan hewan peliharaan.
  • Setelah menangani hewan dan kotoran hewan.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok.
  • Setelah menangani luka.
  • Setelah menangani dan menyentuh cucian kotor.
  • Setelah membersihkan debu, sapu dan pengepel rumah.
  • Setelah bersin dan batuk.
  • Setelah menyentuh semprotan insektisida.
  • Setelah mengosongkan atau membersihkan tempat sampah.
  • Setelah menggunakan toilet umum.
  • Setelah menangani uang kertas dan koin.
  • Setelah mengunjungi rumah sakit, klinik.
  • Setelah menghadiri anggota yang sakit.
  • Setelah mengunjungi gym atau klub olahraga
  • Setelah menggunakan kolam renang
Back to Content

Jangan meremehkan atau mengabaikan kebiasaan mencuci tangan yang sederhana ini, Tindakan pencegahan lebih baik daripada penyembuhan adalah pepatah terkenal dan mencuci tangan adalah salah satu tindakan pencegahan yang dapat mengarah pada kesehatan dan kebersihan yang lebih baik.

Tiada ulasan for "Tahapan Cuci Tangan Yang Benar Dapat Menyelamatkan Nyawa"

Berlangganan via Email