Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur menjelang malam hari

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur menjelang malam hari

Apa itu insomnia?

Sebelum mengetahui cara mengatasi insomnia sulit tidur menjelang malam hari insomnia sulit tidur menjelang malam hari, kita harus kenal dulu apa itu insomnia. Insomnia adalah keadaan ketika pola tidur normal Anda terganggu. Ini adalah kelainan yang membuatnya tidak mungkin atau sulit untuk bisa tidur.

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak hal berbeda. Bagi sebagian besar dari kita, itu tidak sering terjadi tetapi bahkan malam tanpa tidur dapat menyebabkan gangguan besar dalam kehidupan rutin kita. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia?

Gejala yang sering terjadi pada penyakit insomnia


  • Kesulitan tidur, sering terjadi pada anak kecil.
  • Bangun secara teratur di malam hari, sering juga terjadi pada orang tua.
  • Bangun terlalu pagi.
  • Tidak merasa cukup segar untuk berfungsi secara normal meskipun cukup tidur.
Insomnia menyerang 1 dari 3 orang di seluruh dunia. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS melakukan survei yang menunjukkan hasil mengejutkan dari 64 juta orang Amerika yang menyatakan mereka menderita insomnia setiap tahun. Di Inggris Raya sekitar 7,5 juta orang dikatakan bergulat dengan masalah yang sama. Statistik ini menunjukkan seberapa luas masalah sebenarnya.

Penyebab insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor. 

Di antara yang paling umum adalah:

  • Obat atau stimulan seperti obat, kafein, efedrin, metamfetamin
  • Suara bising dari luar seperti lalu lintas, dengkuran, musik keras, atau tetangga
  • Pergeseran hormon, sering terjadi pada wanita
  • Tekanan, cemas, khawatir
  • Gangguan tidur yang disebabkan oleh gangguan ritme sirkadian.

Dalam beberapa kasus, insomnia biasanya disebabkan oleh berbagai penyakit, efek samping dari tablet atau masalah mental.

Tips Cara mengobati insomnia

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur menjelang malam hari
Insomnia biasa atau kronis yang berlangsung lama dapat menyebabkan masalah kesehatan psikologis seperti depresi, atau kecanduan alkohol atau obat yang diresepkan secara hukum untuk dapat tidur. Baca jugaPenyebab Ketindihan saat Tidur, Penjelasan menurut Pakar Medis

Meresepkan atau menggunakan obat apa pun untuk mencegah atau menghindari insomnia harus dianggap sebagai upaya terakhir. Ada metode non invasif lainnya untuk memecahkan atau mengurangi masalah, Seperti berikut ini.

Mendengarkan musik untuk mengatasi insomnia

Salah satu solusi alami paling menjanjikan untuk insomnia ternyata menjadi salah satu yang paling sederhana dan paling menyenangkan. Ini disebut terapi musik dan sedang ditampilkan untuk membantu orang mengatasi malam tanpa tidur.

Mornhinweg, PhD menemukan bahwa musik dapat membantu Anda tidur lebih baik dan lebih dalam. Dalam studi tersebut, ia mengikuti sekelompok orang dewasa dengan insomnia selama 6 bulan. Tidak ada seorang pun yang meminum obat tidur atau mencoba terapi insomnia lainnya pada saat itu. Yang mereka lakukan berbeda adalah mendengarkan musik santai sebelum tidur.

Inilah langkah-langkah cara Anda dapat menggunakan musik untuk mengatasi insomnia.


  • Pilih musik yang santai
  • Sesuaikan volume ke tingkat yang nyaman dan rileks
  • Dengarkan musik baik duduk atau berbaring di tempat tidur, tetapi jangan khawatir mencoba tertidur. 
  • Fokus saja pada suara musik dan biarkan itu membuat Anda rileks.
  • Setelah sekitar 30 menit, putar musik, matikan lampu dan tidur.

Ini mungkin sederhana, tetapi patut dicoba. Berita baiknya adalah, tentu saja, terapi musik untuk insomnia tidak melibatkan minum obat-obatan atau obat-obatan yang membuat Anda merasa lesu pada hari berikutnya.

Mulailah dengan menyisihkan satu jam yang mungkin Anda sebut 'Bed Time Moments' Anda. Ulangi aktivitas ini setiap hari, ciptakan kebiasaan baru, dan lanjutkan sampai pola tidur Anda stabil., Cobalah untuk menghindari tidur siang di siang hari, jika memungkinkan

Mulailah berpikir positif

hindari memikirkan kegiatan hari berikutnya seperti tanggung jawab pekerjaan. Apa yang harus dilakukan akan dilakukan pada hari berikutnya, jadi berhentilah berpikir sepanjang waktu dan matikan dari masalah sehari-hari.

Jauhkan dari produk kafein

Terutama beberapa jam sebelum tidur, Dalam jumlah sedang, kafein baik untuk membantu kita berkonsentrasi dan tetap terjaga. Tetapi terlalu banyak kopi dan cola dapat membuat tubuh Anda terlalu aktif. Karena kafein bersifat adiktif, kurangi bertahap jika tidak Anda berisiko sakit kepala dan efek samping lainnya. Kurangi sepanjang hari, hentikan asupan kopi terakhir kali.

Tempat tidur Nyaman dan Bersih

Pastikan Anda memiliki tempat tidur dan bantal yang nyaman,bersih dan teratur, Tubuh kita seperti rutinitas. Jika Anda akan tidur jam 10 malam di suatu malam kemudian jam 3 pagi berikutnya, dan seterusnya, maka tubuh Anda akan menjadi bingung. Pertahankan waktu tidur yang cukup teratur untuk memberi tubuh Anda kesempatan. Mengigau saat Tidur Berjalan, Medis atau Mistis?

Mengatur Jam Alarm

Temukan jam alarm yang akan membangunkan Anda dengan lembut. Salah satu yang dapat mulai memainkan CD musik yang menenangkan untuk secara bertahap meningkatkan gelombang otak Anda dari delta ke theta ke gelombang alfa. Metode ini jauh lebih disukai daripada suara dan suara radio yang tidak terduga atau goncangan bel atau bel! Menggunakan kotak cahaya yang diprogram untuk membangunkan Anda di pagi hari, akan sangat membantu dalam bulan-bulan musim dingin yang kelam. Setelah mengatur alarm, Anda tidak perlu khawatir!
Tentu saja dengan anggapan Anda telah memberikan diri Anda 8 jam yang sehat untuk tidur dan beristirahat.

Lakukan lebih banyak olahraga. 

Jika Anda memiliki berat badan atau kondisi kesehatan yang terbaik, minta ahli untuk merancang rencana olahraga. Berjalan-jalan dan menghirup udara segar bisa sangat membantu.

Berikan waktu pada otak Anda untuk bersantai

Jika Anda mengerjakan proyek itu sampai beberapa menit sebelum tidur, otak Anda akan mengerjakannya selama satu atau dua jam lebih lama. Tidak ada tombol hidup / mati seperti komputer - otak Anda akan membuat Anda tetap terjaga jika Anda tidak memberikannya kesempatan untuk melambat sebelum tidur.

Belajarlah untuk santai

Tentu, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan kadang-kadang. Tetapi relaksasi adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari sama seperti yang lain. Setiap orang berbeda dalam hal ini - luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang membantu Anda untuk rileks dan berlatih relaksasi itu selama beberapa menit sebelum Anda tidur.

Cobalah metode di atas untuk mengatasi insomnia dan berbagi pengalaman Anda dengan orang lain.

Tiada ulasan for "Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur menjelang malam hari"

Berlangganan via Email