Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya

Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya
Siapapun dapat memiliki jerawat, Jerawat pada umumnya terjadi pada remaja dan dewasa muda hingga 80% orang berusia 11 sampai 30 tahun memiliki masa berjerawat. Pada kebanyakan orang yang berjerawat biasanya hilang pada usia 30 tahun, Namun beberapa orang yang berusia 40 sampai 50 tahun memiliki masalah jerawat ini.

Jerawat bagi sebagian orang terutama bagi wanita menjadi hal yang sangat menyebalkan, Apalagi tumbuh diarea sekitar wajah tentunnya akan memganggu kepercayaan mereka. Tidak semua jenis jerawat memiliki perawatan yang sama untuk menghilangkannya, Umumnya banyak orang yang tidak mengetahui mengapa jerawat yang timbul dapat berdampak semakin parah dan lebih banyak muncul dari sebelumnya.

Sebenarnya apa sih jerawat itu?
Jerawat merupakan masalah kulit yang ditandai munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada. Bintik tersebut dapat berkisar dimulai dari yang ringan seperti komedo hitam dan komedo putih hingga bintik parah yang berisi nanah.

Biasanya bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka, Lalu bagaimana agar kita terhindar dari munculnya jerawat dan apabila sudah terlanjur berjerawat bagaimana cara mengatasinya?

Fakta atau Mitos Seputar Jerawat

1. Banyak makan kacang bikin jerawatan
Jadi sebenarnya kacang itu kandungannya sangat baik karena tinggi protein, lemak an karbohidrat. Kalau konsumsi secara normal tidak berlebihan dan tidak digoreng itu tidak masalah. Jadi kesimpulannya makan kacang yang menyebabkan jerawat itu mitos, jika tidak digoreng karena yang dipermasalahkan itu minyaknya.

2. Jerawat hanya terjadi pada anak remaja
Jadi jerawat itu memang sering terjadi pada masa pubertas, Kemunginan usia dewasa muda itu bisa saja terjadi tergantung dari jenis kulit. Jika waktu muda kulit sudah berminyak dan dewasa masih berminyak tapi memang lebih berkurang. Jadi terjadi hanya pada remaja saja itu adalah mitos.

Baca juga :

3. Jerawat bisa dicegah dengan sering cuci muka
Jadi penyabab jerawat itukan multi faktor atau banyak penyebabnya tidak cuma satu hal. Salah satunya memang kalau kita tidak sering cuci muka bisa menyebabkan karena ada sumbatan dipori-pori. Ini adalah fakta, untuk cuci mukanya cukup dua atau tiga kali hari sekali saja.

4. Jerawat akan hilang sesuai dengan pertambahan umur
Itu adalah Fakta, Jadi seperti yang sudah dijelaskan, Masa pubertas atau masa remaja itu tinggi-tingginya puncak hormon jadi sangat mudah berjerawat. Dengan bertambahnya usia, hormon itu juga fungsinya akan menurun tapi tidak menutup kemungkinan tetap ada pada usia dewasa.

5. Olesan pasta gigi dapat obati jerawat
Ini pastinya mitos karena pasti gigi itu dibuat untuk kesehatan gigi dan kebersihan gigi. Pastinya bukan untuk perawatan kulit, Jadi memang setelah dioleskan pasta gigi jadi kering tapi tidak untuk pengobatan nanti malah akan menjadi kulit iritasi, meradang. Janganlah sekali-kali untuk mencobanya.

6. Makan cokelat dapat menimbulkan jerawat
Fakta karena sebetulnya kandungan yang terkandung banyak salah satunya lemak. Yang biasa kita makan biasanya ada campuran susu dan gula, jika kita makan cokelat tidak ada campuran tersebut tidak masalah.

7. Makanan pedas dan berminyak bikin jerawatan.
Fakta karena sudah terlalu banyak penyebab minyak diwajah ditambah lagi makan minyak yang mengandung lemak yang cukup tinggi dan tidak mungkin makan sebulan sekali itu pastinya bisa menyebabkan jerawat. Kalau untuk yang pedas tidak semua orang makan pedas langsung jerawatan tapi memperparah kondisi jerawat.

8. Cara menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya sampai keluar
Mitos kalau kita ingin menghilangkan pakailah cream, kalau untuk memencet memang salah satu terapi tapi harus oleh ahlinya dan harus ada supervisi karena memencet jerawat tidak asal mencet, jerawat itu ada yang dipencet dan harus dibuka dulu. Kalau ada jerawat yang meradang terus dipencet yang terjadi malah permukaan kulit pecah, tambah infeksi dan akhirnya tidak menghilangkan tapi tambahnya jerawatan.

9. Stres menyebabkan timbulnya jerawat
Fakta jadi kalau orang yang lagi stres membuat kelenjar minyak akan produktif, Akan sering keluar minyak dan akan menimbulkan jerawat.

Kenapa jerawat itu tumbuh seringnya  ditempat yang sama?
Jadi memang jerawat itu mempunyai lokasi tersendiri ditubuh kita dan yang paling sering 90% diarea wajah. Area wajah terbagi menjadi dua ada yang namanya tizon, Tizon itu memang kelenjar minyaknya banyak sekali yaitu diarea dahi, hidung dan dagu. Dan bahkan tidak cuma diwajah saja seperti dipunggung, lengan atas dan dada.

Tips untuk mencegah dan mengatasi jerawat

  • Harus rajin membersihkan muka, bukan sering normalnya dua kali sehari.
  • Menggunakan sabun yang tepat untuk kulitnya.
  • Perhatikan pola makan dan hidup, Contoh pola makan yang diperhatikan seperti hindari makanan yang manis, kadar karbohidrat tinggi dan lemak yang tinggi.
  • Jika sering menggunakan kosmetik sebaiknya yang memang tidak anti komedo. Itulah demikian yang harus diperhatikan.

0 Response to "Kenali Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel