Cara melancarkan haid pada masa remaja

Cara melancarkan haid pada masa remaja
Arti Menstruasi?
Menstruasi merupakan perubahan fisiologis pada setiap diri wanita yang disebabkan beberapa faktor, Salah satunya terjadi pendarahan hormon yang terjadi secara rutin setiap bulannya. pendarahan seperti ini sering disebut peluruhan dinding rahim wanita.

Menstruasi akan terjadi saat wanita mengijak masa pubertas yang berkisar usia 9 dan 17 tahun atau pada masa remaja yang akan  berlangsung pada bulan berikutnya. Tapi ada juga yang mengalami haid  yang tidak lancar atau sering disebut telat datang bulan, kejadian seperti tidak selalu mengindikasikan bahwa wanita itu hamil

Faktor yang mempengaruhi gangguan menstruasi
Ketika wanita mengalami menstruasi tidak teratur ada bermacam penyebab atau alasan sebagai contohnya efek samping obat-obatan, stres yang berkepanjangan, gaya hidup, perimenopause, sakit, tiroid, dan sindrom polikistik ovarium atau memiliki darah kotor yang bertumpuk pada rahim.

Ketidak lancaran haid ini bisa kita atasi  dengan konsumsi minuman dan makanan yang sehat.Untuk lebih jelasnya simak penjelasan penyebab haid tidak lancar dibawah ini.

1. Tidak teratur karena strees
Terlalu banyak memikikan banyak hal yang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan, Berdampak pada menstruasi berubah-ubah periode. Salah satu bagian otak yaitu hypothalamus yang sangat berpengaruh stress dan hormon yang mengatur periode haid.

2. Karena Penyakit
Salah satu penyebab haid tidak lancar bisa terjadi karena penyakit seperti jamur, kista, polip, fibroid, infeksi pada saluran reproduksi, kelainan genetik, endometriosis, dan sindrom polikistik ovarium. Bisa saja jarang haid mengakibatkan tumor.

Itulah beberapa faktor utama penyebab haid tidak lancar, Bisa jadi jawabankaum wanita yang sering bicarakan.

Tips cara melancarkan haid.
Cara memperlancar haid atau menstruasi secara alami dan aman dapat kita jumpai disekeliling kita mulai dari kegiatan sehari-hari dan ramuan tradisional. Sebagaimana bahwa haid tidak berkunjung datang menjadi suatu keresahan kaum wanita.

Baca juga :
1. Pola makan yang sehat.
Menjadi salah satu faktor yang penting untuk kelancaran menstruasi yaitu mengatur pola makan sehat. sebagai contohnya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat dan zat besi.

2. Konsumsi jus wortel
Sudah banyak orang mengenal akan manfaat dan khasit yang baik untuk tubuh, Karena kandungan vitamin A yang tinggi serta kalsium dan vitamin C, Membantu hormon-hormon tidak mengalami gangguan. Dengan rutin minum jus wortel.

3. Istirahat yang cukup 
memberi peranan penting untuk menjaga kebugaran tubuh selain itu juga membantu menghindari stres. Karena stres tidak baik untuk kelancaran haid.

4. Gaya hidup sehat
Karena jika menjalankan gaya hidup sehat kita mendapatkan kesehatan yang prima termasuk masalah kelancaran haid. Dan jika anda yang suka merokok, kurangi minuman yang berkafein, beralkohol, Hindarilah itu karena membuat hidup anda tidak sehat.

5. Kunyit
Yang kita kenal kunyit banyak dimanfaat untuk bahan masakan dan juga sering kita jumpai di pedagang jamu tradisional. Penggunaan kunyit ini dengan cara meminumnya dengan racikan kunyit pada umumnya.

Penjelasan mengenai menstruasi normal dan tidak normal.
1. Menstruasi Normal
Pada haid yang normal, Biasanya kita mulai menghitung pada hari pertama sampai menjelang menstruasi dan itu terjadi setiap bulan. Untuk haid yang normal terjadi sekitar 28 hari.

2. Menstruasi yang tidak normal.
Pada haid yang tidak normal, dapat kita dilihat dari frekuensi waktu menstruasi, dari bentuk warna sampai warna pada darah.

Demikianlah Cara melancarkan haid pada masa remaja yang bisa anda coba dan praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat membantu.

0 Response to "Cara melancarkan haid pada masa remaja"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel