15 Ciri-ciri Penderita Gagal ginjal Harus anda ketahui

15 Ciri-ciri Penderita Gagal ginjal Harus anda ketahui
Organ ginjal memiliki tugas penting untuk menyaring darah didalam tubuh kita, ketika ginjal tidak bisa lagi berfungsi sebagai mana mestinya maka kondisi ini disebut dengan penyakit gagal ginjal. Berikut salah satu kisah artis yang mengalami penyakit gagal ginjal,

Selena Gomes
Musisi sekaligus artis dunia selena gomes sempat menghebohkan masyarakat Amerika serikat karena diagnosis penderita lupusnekritis yang berdampak pada ginjalnya, serta harus menjalankan transpalansi. Pernah juga harus membatalkan konsernya dan meluangkan waktu untuk fokus pada kesehatannya, setelah melakukan transpalansi ginjal dari seorang sahabatnya pada bulann september 2017. Selena kini terselamatkan dari penyakit gagal ginjal yang hampir merenggut nyawanya.

Biasanya penyakit gagal ginjal lebih rentang menyerang kaum wanita diusia produktif, Namun siapa sangka bahwa penyakit ini juga menyerang pria.

Terletak dikedua sisi tulang belakang letaknya diatas letaknya diatas pinggul. Ginjal memiliki fungsi utama untuk  menyaring darah, Ketika seseorang mengalami gagal ginjal maka ginjal penderita tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik dan menyebabkan berbagai macam gangguan.

Gagal ginjal merupakan salah satu  penyakit yang berbahaya dan mematikan yang saat ini masih menghantui masyarakat, Terdapat dua jenis gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Gejala awal gagal ginjal sering sulit terdeteksi sehingga banyak masyarakat yang telah mengatisipasinya, lalu bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit gagal ginjal dan faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk menghindari penyakit ini, Simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini.

Mitos atau Fakta seputar penyakit gagal ginjal
1. Menahan buang air kecil bisa menyebabkan sakit ginjal. 
Ini Mitos karena menyebabkan sakit ginjal. Kalau kita menahan buang air kecil. Buang air kecil itukan dibawah sedangkan ginjal dipinggang terus mengalirkan air urine melewat saluran kencing kalau kita menahan buang air kecil jadi yang menumpuk itu dikandung kencing dan memang bisa menyebabkan gangguan tapi tidak otomatis keginjal. Dan gtangguan apa jika kita menahan buang air kecil bisa mudah terinfeksi dan kuman dapat bertumbuh atau menyebabkan batu ginjal.

2. Kurang minum bisa mengganggu fungsi ginjal.
Fakta jadi ginjal itu menerima aliran darah dan darah itu membawa racun kemudian disaring dibawa keluar kemudian jadi urine. Jika cairan ini kurang pembawa kotoran ini juga berkurang melalui darah, Itulah sering kita sebut gagal ginjal plerenal.

3. Penderita gagal ginjal dilarang makan buah tinggi kalium contohnya pisang.
Fakta jadi sebagai pasien gagal ginjal terjadi kondisi hiperkalium penumpukan kalium, Jadi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi buah-buahan tinggi kalium, contoh buah yang tinggi kalium selain pisang seperti semangka dan buah buah segar lainnya rata-rata tinggi kalium. Baca selengkapnya : Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Terkecuali yang terkena Gejala Gagal Ginjal

4. Konsumsi teh berlebihan sebabkan gagal ginjal.
Mitos untuk gagal ginjal tapi bisa terjadi pada penyakit ginjal, Karena teh mengandung oksalat jadi kalau batu dikandung kemih atau ginjal itu ada batu urat dan batu kalium oksalat. Pada minum teh pada jumlah yang banyak atau besar membuat oksalat menjadi tinggi ada kemungkinan dapat sebabkan batu tapi tidak langsung sebabkan gagal ginjal.

5. Gagal ginjal menetap seumur hidup.
Mitos jadi gagal ginjal tahap lanjut bisa seumur hidup

Gagal ginjal tahap lanjut apakah harus cuci darah?
Jadi gagal ginjal pada umumnya harus cuci darah kalau filtrasi glomelurusnya dibawah 15 itu secara umum, tapi dibawah 15 pun dipilih-pilih ada komplikasi yang atau tidak.

Cuci darah bukan tindakan menyembuhkan tapi tindakan hanya untuk membuang racun, penyakitnya tetap ada sehingga ada prinsip sekali cuci darah seumur hidup cuci darah.

Ciri-ciri penderita penyakit Gagal ginjal
  1. Mual dan muntah
  2. Hilangnya nafsu makan
  3. Perasaan lemah dan lesu 
  4. Sesak nafas
  5. Sakit perut
  6. Gangguan tidur
  7. Kulit gatal
  8. Menurunnya ketajaman mental
  9. Tekanan darah tinggi yang sulit dikontrol
  10. Nyeri pada dada karena penumpukan darah disekitar jantung
  11. Pengbekakan pada pergelangan kaki atau tangan
  12. Masalah mulut
  13. Frekuensi buang air kecil yang meningkat terutama pada malam hari.
  14. Mati rasa, kesemutan, kaki dan tangan terasa panas terbakar
  15. Kram otot dan kejang otot

Cara Membedakan penyakit ginjal dengan gagal ginjal
Jika ada penyakit batu ginjal, radang ginjal, infeksi ginjal itu termasuk penyakit ginjal. Gagal ginjal dikaitkan dengan fungsi dan fungsi itu harus diukur, yang dikatakan gagal ginjal adalah kalau laju filtrasi glomelurus itu dibawah 60. Orang yang normal antara 90 sampai 120.

Tips agar terhindar dari ancaman gagal ginjal.
  • Penyebabnya harus dilacak seperti Gula, hipertensi.
  • Cukup minum.
  • Memantau urine proteinnya bocor atau tidak.

Faktor-Faktor yang bisa meningkatkan gagal ginjal kronis.
  • Penyebab diabetes.
  • Hipertensi
  • Batu ginjal dan infeksi ginjal

Itulah penyebab terbesar pasien gagal ginjal dan cuci darah, Maka sangat penting penyandang penyandang diabetes, hipertensi dan lainnya untuk rutin melakukan cek pemeriksaan fungsi ginjal.

0 Response to "15 Ciri-ciri Penderita Gagal ginjal Harus anda ketahui"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel