Manfaat aneka olahan kentang untuk kesehatan

Manfaat aneka olahan kentang untuk kesehatan
Selain enak dijadikan camilan ternyata jenis umbi asal Amerika ini juga sering dimanfaatkan sebagai menu diet. Jika anda mengolah kentang dengan benar seperti direbus atau dikukus kentang bisa dikonsumsi untuk mengganti nasi pada menu makanan harian anda. Tidak hanya menurunkan bobot tubuh, kentang juga memiliki manfaat lain didunia kecantikan jika digunakan sebagai masker wajah. Baca juga : Totok Wajah yang Benar, Memberikan Banyak manfaat Kesehatan

Siapa yang tidak menyukai umbi yang satu ini, memiliki bentuk bulat berwarna kuning serta meiliki rasa hambar ternyata memiliki enak menjadi makanan ringan seperti kentang goreng yang kerap dikenal dengan sebutan friend fries.

Kentang terkenal jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, bahkan bisa menjadi sumber energi untuk tubuh anda. Kentang merupakan makanan pokok yang bisa mengisi perut anda menjadi lebih kenyang. Berbeda dengan masyarakat indonesia yang biasanya mengolah kentang tidak untuk makanan utama melainkan diolah menjadi lauk pauk.

Beragam aneka olahan kentang seperti sambal kentang atau bisa juga dicampur kedalam sayur sop yang nikmat jika dimakan bersama nasi hangat, Namun jika kentang langsung dimakan bersama nasi akankah menimbulkan kerbohidrat yang berlebih, Lantas bolehkah kentang dikonsumsi bersama nasi?

Fakta atau Mitos seputar manfaat kentang untuk kesehatan
  1. Kentang berwarna hijau mengandung racun, Fakta jadi kalau kentang terlalu lama terpapar matahari atau penyimpanan terlalu lama maka akan terbentuk solanin dikulit kentang sehingga berwarna kehijauan itu dengan dimasak atau direbus ternyata tidak menghilangkan kadar solanin.
  2. Kentang bagus untuk diet pengganti nasi, Fakta Karena memang bisa menggantikan nasi, pertama karena seratnya lebih banyak dan vitamin, mineral dibandingkan pada nasi tetapi harus hati-hati bila ada diabetes melitus atau kencing manis itu tidak bebas untuk konsumsi kentang jadi harus tetap pada ukuran porsinya. Baca juga : Kadar gula dalam Nasi panas lebih tinggi memicu Diabetes
  3. Bagus untuk kecantikan wajah dan rambut, Fakta karena sebenarnya kandungan vitamin C yang tinggi pada kentang jadi dikatakan kalau 100 gram tomat dengan 100 gram kentang lebih tinggi vitamin C pada kentang. Vitamin itu untuk pembentukan kolagen, jenis pemakaiannya dikonsumsi. Baca juga : Penyebab Rambut Rontok Parah Sebabkan Kebotakan
  4. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, Fakta Karena ada bahan kalium yang tinggi pada kentang.
  5. Nutrisi kentang terkandung pada kulitnya, Mitos jadi yang pada kulit kita dapat seratnya dan yang vitamin dan mineral terdapat pada dagingnya.
  6. Mengandung antioksidan yang tinggi, Fakta Karena ada vitamin C, karoten flafonoit itu semua termasuk dalam antioksidan.
  7. Baik untuk kesehatan saraf dan otak, Fakta karena ada kalium untuk melebarkan pembuluh darah keotak menjadi lancar.

Kandungan yang terdapat pada Kentang

  • Fosfor       : 58MG
  • Besi           : 0,7MGn
  • Natrium     : 7MG
  • Kalium      : 396MG
  • Tiamin       : 0,09MG
  • Vitamin C  : 21MG

Tips memilih kentang yang baik untuk konsumsi
  1. Lihat tampilannya, ternyata kalau lebih halus itu lebih gurih dan manis dibandingkan dengan kulitnya yang kasar.
  2. Tampaknya segar jangan yang terlalu keriput atau sudah lama dalam penyimpanan
  3. Mata pada kentang tidak bertunas, terkadangkan kalau kepasar lihat ada yang bertunas ternyata itu sudah lama penyimpanannya.
  4. Tidak ada bagian yang retak karena dapat terkontaminasi kotoran dan kuman lebih besar.
  5. Memiliki bobot yang berat jadikan umbinya ternyata lebih padat dan kalau misalkan ringan jangan sampai didalam ada proses pembusukan.
  6. Jangan ada yang berwarna kehijauan karena berarti ada kandungan solanin.

0 Response to "Manfaat aneka olahan kentang untuk kesehatan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel