Kesurupan Menurut Sudut Pandang Kedokteran

Kesurupan Menurut Sudut Pandang Kedokteran
Kesurupan yang diyakini menjadi sebuah kejadian horor yang berkaitan dengan adanya jiwa atau arwah orang yang telah meninggal merasuki seseorang yang masih hidup. Bagi masyarakat indonesia kesurupan merupakan hal biasa.

Dibeberapa daerah diwilayah tanah air kesurupan disengaja dilakukan dalam sebuah proses adat tertentu. Beberapa kasus kejadian kesurupan juga sempat menghebohkan masyarakat karena peristiwa tersebut terjadi dilingkungan sekolah dan terjadi pada beberapa siswa sekaligus. Lalu apakah ada kaitannya kesurupan dengan kondisi medis?

Dalam dunia medis kesurupan adalah sebuah reaksi atau gangguan kejiwaan ringan yang terjadi akibat adanya tekanan kehidupan atau stres. Kesurupan disebut juga yang ditandai perubahan identitas pribadi. Kesurupan biasanya terjadi juga pada orang yang memiliki ingatan akan kejadian yang tidak menyenangkan saat masa kecil. Lalu bagaimanakah kaitannya dengan kasus kesurupan yang terjadi disekolah? , Apa yang menyebab kesurupan bisa menular pada orang disekitarnya?

Meski terdengar menyeramkan namun nyatanya berita horor seputar kesurupan bagi pelaku konsumsi masyarakat hingga akhirnya banyak diangkat dalam film, berikut adalah beberapa film yang mengangkat kisah kesurupan.

The Conjuring
adalah kisah nyata yang diangkat dari pengalaman pasangan lorem warren yang membantu keluarga peron untuk menginvestigasi tentang kejadian aneh dirumah mereka. Peron dirasuki arwah Bathsheba pemiliki rumah yang berprofesi sebagai penyihir yang membunuh anaknya dirumah tersebut.

The exorcist
adalah film kerasukan yang cukup menakutkan film horor Amerika ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya dari William peter blatty yang mengangkat dari kisah tragedi kesurupan yang berusaha diobati oleh ibunya melalui ritual pengusiran setan.

Insidious
Salah satu film horor Amerika yang cukup dinanti-nanti oleh para pecinta film dunia adalah insidious. Film yang sudah mengeluarkan seri keempat ini masih mengisahkan Elis seorang yang memiliki kekuatan untuk berhubungan dengan alam arwah, Pada film seri pertama dan terakhir Elis diminta bantuan seorang ibu yang anaknya kerasukan.

Itu tadi beberapa film yang diangkat dari kisah kerasukan dan selalu ditunggu masyarakat.

Kesurupan menurut sudut pandang kedokteran.
Bahwa dalam kedokteran kesurupan atau kerasukan itu ada memang iya, dan gangguan jiwa menyebabkan fenomena gejala.

Mitos atau fakta seputar kesurupan

  1. Dapat menular dan terjadi secara massal, Fakta tapi harus ada penjelasan terlebih dahulu dalam satu kalimat, tetapi penularannya tidak seperti dalam bayangan kita orang yang sakit terus tertular tapi lebih ke mencontoh, karena orang itu merasa senajib dan sehubungan mungkin kondisi secara mentalnya, dalam tempat yang sama, Lalu yang satu terjadi seperti itu terus yang lainnya ngikut.
  2. Mudah terjadi pada penderita phobia atau ketakutan yang berlebihan, Fakta tapi phobianya bukan dalam artian yang spesifik tapi ketakutan contohnya kecemasan. Jika kecemasannya tinggi maka tentu saja orang menjadi tidak percaya diri bisa menyebabkan puncak gejalanya dalam bentuk kesurupan. Apalagi kesurupan bukan istilah ilmiah jadi bisa terjemahkan menjadi kejang-kejang, atau sekedar ngamuk-ngamuk. Dalam dunia kedokteran bisa dibagi-bagi lebih detail.
  3. Kesurupan karena tubuh dimasuki roh halus, Mitos
  4. Orang yang tulang rusuknya renggang mudah kesurupan, Ini jelas mitos biasanya urusannya dengan penyakit paru-paru. Baca juga : Cara Menyembuhkan Paru paru Basah, Jika dibiarkan bisa Mengancam Nyawa
  5. Banyak bengong atau termenung bisa kesurupan, Fakta tapi sebelumnya bilang pikiran tidak pernah kosong, Bengong itu sebetulnya bukan kosong, tapi kita fokus kesesuatu pikiran kita sendiri. Sedemikian fokusnya sehingga sensor luar panca indra kita tidak main.

0 Response to "Kesurupan Menurut Sudut Pandang Kedokteran"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel