Penyebab dan Pencegahan Radang Amandel Tonsilitis

Penyebab dan Pencegahan Radang Amandel Tonsilitis
Selera teranggu karena tenggorokan terasa sakit bisa saja ini salah satu gejala radang pada amandel atau tonsilitis yang disebabkan karena adanya bakteri. Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil yang ada berada ditenggorokan meski tidak termasuk pada penyakit serius, Gejala yang umumnya dialami amandel pada anak ini dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti sakit tenggorokan, kehilangan nafsu makan, hingga demam.

Sakit tenggorokan karena radang amandel bukan hanya membuat kita tidak nyaman selain sulit makan saat terkena radang pada amandel seorang penderita. Biasanya diharuskan untuk beristirahat dirumah dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat agar cepat pulih dan tidak terserang amandel kembali. Amandel bukan hanya pada anak atau remaja tidak sedikit orang dewasa juga mengalaminya.

Orang zaman dahulu sering menyebutkan sakit amandel diakibatkan karena terlalu sering mengkonsumsi MSG tapi sebetulnya pembaca setia DokterPure amandel adalah salah satu penyakit menular yang diakibatkan virus atau bakteri. Selain anak-anak dan remaja tidak sedikit orang dewasa juga yang mengalami radang amandel karena adanya kontak dengan penderita lain, Atau kurang terjaganya kebersihan diri.

Amandel biasanya akan pulih dalam waktu 4 hingga 5 hari, namun ada baiknya jika anda memeriksakan diri untuk mendapat penanganan radang yang tepat dan tidak kembali kambuh.

Fungsi Amandel, adalah salah satu fungsi pertahanan tubuh, jadi ibarat kalau kita sedang berperang dia sebagai mobil tanknya dan salah satu benteng. Di amandel ini ada yang namanya Sipta yaitu lubang-lubang kecil, kalau sering radang jadinya seperti itu adanya sisa-sisa makanan sama bakteri yang masuk kedalam namanya diptritus.

Mitos atau Fakta yang sering berkembang dimasyarakat seputar Amandel

  1. Amandel hanya di derita oleh anak kecil, Jadi jawabannya mitos, karena semua mulai dari dewasa sampai anak masih bisa terkena amandel.
  2. Kebanyakan minum es sebabkan amandel, Sebenarnya bukan penyakit, jadi terkena es membuat amandel fungsinya menjadi tidak normal sehingga ketika ada kuman masuk jadinya amandelnya malah radang jadi tidak siap untuk menghadapi itu. Kesimpulannya Kebanyakan minum es bisa menyebabkan secara tidak langsung kekebalannya jadi berkurang.  
  3. Penyakit amandel bisa disembuhkan dengan antibiotik, Jadi kembali lagi bahwa penyebab amandel tidak semua tidak selalu bakteri bisa jadi virus atau karena terlalu sering makanan yang berminyak, Jadi ini mitos.
  4. Cuci tangan dapat mencegah bakteri penyebab amandel, Ini benar sekali jadi kita setiap kali berinteraksi pada setiap semua orang seperti bersalaman dan memegang sesuatu, Itu kita tidak tahu bekas orang sakit atau tidak. Kumannya menempel ditangan secara tidak langsung kita letak dimulut atau hidung, kumannya terhirup masuk kedalam jadinya radang.
  5. Operasi amandel sebabkan penyakit sinus, Jadi ini mitos tidak ada hubungannya karena dua organ yang berbeda.

Penyebab radang amandel selain virus dan bakteri

  1. Faktor makanan, Jenis makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan atau pewarna kimia merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan peradangan amandel.
  2. Kurangnya asupan vitamin C, Vitamin sangat penting untuk tubuh. Dalam waktu 1 hari, tubuh kita minimal membutuhkan vitamin C sebanyak 500 miligram dan diseimbangkan sama vitamin, komponen gizi dan nutrisi lainnya
  3. Kurangnya komsumsi minuman mineral atau air putih setiap hari, Bahwa tubuh kita sangat membutuhkan cairan setiap hari minimal 8 sampai 10 gelas atau setara kisaran 2 liter.
  4. Jaga kebersihan sebelum makan, seperti mencuci tangan sebelum makan.
  5. Terlalu seringnya mengkonsumsi makanan yang berselera pedas

Cara membedakan virus sama bakteri.

Bicarakan mengenai tentang virus banyak macamnya, Tapi kalau untuk bakteri relatif lebih sedikit tapi umumnya sulit untuk mendeteksi. Keterkaitan antara virus dan bakteri itu sebetulnya kaitannya lebih banyak kepada proses perjalanan penyakit kemudian pilihan pengobatan, dan banyak yang beranggapan amandel dapat disembuhkan menggunakan antibiotik. Padahal sebetulnya antibiotik itu hanya kita berikan kalau memang penyebab yakin betul disebabkan bakteri, kalau memang virus tidak akan bermanfaat.

0 Response to "Penyebab dan Pencegahan Radang Amandel Tonsilitis"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel