Bawang Merah, Bumbu dapur Kaya Khasiat

Bawang merah dapat dikonsumsi secara langsung dijadikan acar dan juga bisa menjadi penyedab bumbu masakan anda, Namun tahukah anda pembaca setia DokterPure, Ternyata bawang merah selain bermanfaat untuk penyedab atau bumbu masakan, Bawang merah memiliki manfaat lain, kandungan antioksidan yang ada pada bawang merah ternyata terbukti dapat berfungsi menurunkan kolesterol pada tubuh.

Selain itu nutrisi pada bawang merah sering digunakan sebagai pengobatan dengan tidak menimbulkan efek berbahaya, Bawang merah juga mengandung vitamin C yang berfungsi memurnikan darah dalam tubuh dan tidak jarang juga orang tua menggunakan bawang merah untuk menggosokan anaknya saat masuk angin, Namun seiring banyak manfaatnya banyak pula yang berpendapat yang menyatakan bahwa bawang merah memiliki efek samping jika konsumsi secara berlebihan, seperti dapat menimbulkan bau badan, pusing dan juga perut kembung.

Pada tahun 1900-an orang-orang di Eropa sudah memanfaatkan bawang merah untuk melawan wabah penyakit yang pada saat itu sedang beredar. Pengobatan aiyurveda adalah salah satu teknik pengobatan yang berkembang ribuan tahun lalu, Yaitu jenis pengobatan yang memadukan teknik pijat dengan bahan-bahan alami. Pengobatan tersebut sudah menggunakan bawang yang ditempelkan pada kaki dan dada.

Dalam mengobati penyakit batuk, flu dan batuk, Selama berabad-abad tidak hanya itu tapal bawang juga digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradang sendi. Bawang sendiri merupakan sumber makanan kaya akan antioksidan yang dipercaya oleh masyarkat ampuh dalam menurunkan kolesterol serta mencegah pembekuan darah dalam tubuh.

Mitos atau Fakta seputar bawang merah

  1. Ampuh meredakan demam anak, Memang secara tradisional banyak sekali untuk meredakan demam, Karena secara tradisional dinilai sifat hangatnya mampu membantu membuat sensasi nyaman. Tapi pembuktiannya secara medis masih dipertanyakan.
  2. Irisan bawang merah dapat menyerap virus dan bakteri, Kalau digunakan diruangan, kemudian dapat menyerap itu adalah mitos, Yang paling benar adalah bahwa bawang merah memiliki sifat antibakteri, anti virus dan anti jamur dengan catatan ini konsumsi.
  3. Dapat menyerap bau tidak sedap, Ini sebenarnya dari sifat bawangnya sendiri memiliki bau yang menyengat, jika dapat menyerap bau tidak sedap masih dipertanyakan, jadi mitos.
  4. Tapal bawang merah mengurangi sakit radang sendi, Bisa menjadi fakta karena didalam bawang merah ada yang namanya antioksidan yang sifatnya meredam respon peradangan, dan mengurangi resiko kanker.
  5. Membantu mengatasi perut kembung, Ini mitos.
  6. Membantu melancarkan sirkulasi darah, Ini fakta karena termasuk zat aktif dalam bawang merah seperti komponen sulfur, antioksidan, Ternyata mampu bahkan sudah terbukti memperbaiki sirkulasi, menurunkan hipertensi dan otomatis ujung-ujungnya sehat juga buat jantung.


Makan bawang merah membuat bau badan tidak sedap, Kemungkinan ini mitos, Kan bau badan itu selain makan yang kita konsumsi seperti faktor eksternal yang memang lingkungan kelenjar sendiri, bisa menyebabkan bau badan. Kalau yang beresiko seperti itu sebaiknya mencari sumber dari makanan yang lain.

Mengiris bawang merah bisa bikin sedih ?
Jadi karena adanya zat aktif pada bawang yang pada saat dipotong-potong, kemudian dia itu menguap diudara, Ini yang akan menimbulkan sensasi pedih.

0 Response to "Bawang Merah, Bumbu dapur Kaya Khasiat"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel