Cara Menangani Pingsan Dadakan serta Ketahui Faktor Penyebabnya

Cara Menangani Pingsan Dadakan serta Ketahui Faktor Penyebabnya
Kali ini akan memberikan infomasi kesehatan mengenai sinko atau pingsan mendadak dan faktor penyebab, penyebab dari pingsan itu sendiri itu sebenarnya bermacam-macam tapi ada beberapa hal yang harus kita ketahui, Penyebab pingsan sangat sarang sekali masyarakat mengetahuinya, Kurangnya pengetahuan tentang penyebab dan cara mengatasi yang sedang pingsan membuat banyak masyarakat tidak bisa mengatasi,

Pingsan sendiri merupakan suatu kondisi tubuh yang keseimbangan dan juga hilangnya kesadaran, Pingsan itu biasanya terjadi secara mendadak dan sementara. Cara mengatasi pingsan yang pertama yaitu :
  1. Bebaskan jalan nafas, posisikan supaya leher dan kepala ini lebih tegak sehingga aliran darah akan semakin lancar.
  2. Boleh memiringkan kepala dan leher penderita agar cairan yang ada dalam rongga kerongkongan  maupun tenggorokan supaya tidak masuk kembali kedalam paru-paru dan menyumbat saluran pernafasan, dengan catatan tidak ada cedera leher atau kepala.
  3. Melongkarkan pakaian yang ada pada area dada ataupun area perut misalnya adalah ikat pinggang atau pada kemeja kemeja kancingnya boleh dibuka.
  4. Kita bisa membantu mengembalikan aliran darah kejantung dengan cara meninggikan posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung, sehingga nanti aliran darah balik lagi kejantung itu akan semakin mudah dan semakin lancar.
  5. Mencoba membangunkan penderita dengan cara kita memberikan rangsangan seperti yang pertama, rangsangan suara kita bisa membangunkan dengan memanggil namanya, terus bisa juga dengan memberikan bau-bauan yang memang merangsang seperti minyak angin, dan yang terakhir membangunkan dengan air dan juga waslaf.
  6. Apabila penderita sudah sadar atau hingga sadar pulih kembali, kita bisa membangunkan merubah posisinya dari berbaring menjadi duduk tapi jangan langsung berdir, kenapa? karena bisa sebabkan turunnya darah secara tiba-tiba, hal itu bisa kita cegah dengan cara kita bisa mengganjal kepala dan juga leher pasien atau pun meminta pasien untuk duduk secara berlahan.
  7. Bisa memberikan minum-minuman yang bersifat manis salah satunya adalah teh hangat yang manis, tapi harus diberikan secara berlahan dan jangan terlalu banyak dan posisinya harus tetap duduk.
Itulah tadi cara sehat pertolongan pertama pada pasien atau penderita yang pingsan mendadak, terus bagaimana sih cara mencegahnya supaya tidak pingsan mendadak? yang petama.
  1.  Hidup yang sehat.
  2. Tidur yang teratur dan cukup.
  3. Makan-makanan yang sehat.
  4. Dan jangan lupa sarapan.

Penyebab pingsan dadakan yang sering terjadi.

  • Kekurangan oksigen, Merupakan salah satu penyebab yang sering menimpa semua orang. Di tempat yang ramai berdesakan dan dipenuhi oleh banyak orang, maka dari korban merasakan kekurangan kosigen. Akibatnya adalah aliran darah dan oksigen yang menuju otak jadi berkurang. Hal itu yang menyebabkan seseorang bisa kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.
  • Cuaca, Pada kondisi yang ekstrim terutama pada cuaca panas yang menyengat membuat metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang. Metabolisme yang tidak seimbang itu membuat seseorang kehilangan seimbangan hingga sampai timbunya pingsan. Cuaca terlalu panas juga bisa membuat tubuh mempunyai suhu badan yang lebih tinggi, tingkat stress yang membuat konsentrasi berkurang sangat drastis.
  • Dehidrasi, Orang yang sedang dehidrasi bisa sebabkan pandang berkunang kunang hingga jatuh pingsan. Pada saat dehidrasi aliran darah dan oksigen pada seluruh tubuh jadi terhambat. Cairan di dalam tubuh manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen. Jika cairan yang ada di dalam tubuh seedikit akan membuat sel dan organ tubuh tidak bisa melakukan penyerapan nutrisi dengan baik.
  • Rasa lapar, Rasa yang membuat seseorang jadi mudah lemas dan pingsan, Alasannya karena kadar glukosa yang ada di dalam tubuh menjadi turun. Kandungan kadar glukosa yang menurun membuat lemas dan hilang kesadaran.Sangat diperlukan glukosa sebagai sumber energi. Jika tidak asupan makan yang masuk atau berkurang maka sama saja tidak memiliki sumber energi.
  • Anemia, Bisa juga pingsan karena anemia. Anemia itu merupakan suatu kondisi dimana sel darah merah berkurang atau sedikit, dampaknya mengalami pusing bahkan bisa jatuh pingsan. Akibat anemia juga bisa timbul atau terjadi pada dewasa, remaja bahkan pada anak-anank.

0 Response to "Cara Menangani Pingsan Dadakan serta Ketahui Faktor Penyebabnya"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel