Berbahaya atau Berkhasiat Makan Ikan Lele

Berbahaya atau Berkhasiat Makan Ikan Lele
Anda pasti tidak asing tekan yang berkumis ini yaitu ikan lele, Adalah salah satu jenis ikan yang cukup populer dimasyarakat, Selain murah ikan yang hidup diair tawar ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih. Berbagai jenis makanan olahan yang berbahan dasar ikan, kita bisa jumpai di mana saja. Mulai dari pepes dan goreng yang dihidangkan bersama sambal.

Tampilan lezat menggoda dari ikan lele bukan saja memanjakan lidah anda. Ikan lele ternyata memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh terutama bagi kesehatan jantung dan otak anak dalam masa pertumbuhan. Memiliki protein yang lengkap vitamin B12 yang bisa membantu membangun masa otot dan meningkatkan efektifitas kekebalan tubuh, juga rendah kalori dan lemak.

Lele memang terkenal sebagai makanan rakyat karena banyak dijual di sekitar pinggir jalan atau kaki lima. Namun penikmat ikan lele bukan saja masyarakat biasa, beberapa selebritis tanah air menjadikan ikan lele sebagai makanan favorit mereka seperti.

  1. Pasangan Zee Zee Shahab dan  Prabu Revolusi, Zee Zee bersama suami senang makan dipinggir jalan dan pecel lele adalah makanan favorit mereka. Bahkan mereka punya langganan pecel lele favoritnya.
  2. Soimah, Meski kehidupannya terus meningkat Soimah tidak ingin di cap artis yang sombong, Ia senang melakukan hal yang sederhana yang mencemirkan dirinya adalah dari desa termasuk dalam pemilihan makanan. Makanan kegemaran Soimah adalah pecel lele dan telur dadar.
  3. Asri Welas, Beberapa waktu lalu kita sempat dikejutkan dengan kondisi kesehatan Ibran putra kedua dari Asri Welas, yang terkena katarak, untuk membantu proses pemulihan mata Ibran, Asri Welas memasukkan ikan lele pada menu wajib makanan yang dikonsumsi putranya. Kandungan nutrisi ikan lele dapat memenuhi kebutuhan gizi anaknya. Apakah anda masih ragu untuk mengkonsumsi ikan lele?
Namun dibalik keragaman manfaat yang bisa anda dapatkan dari ikan lele ada yang menyebutkan bahwa tidak baik mengkonsumsi ikan lele dalam jumlah banyak karena mengandung banyak ribuan sel kanker namun benarkah demikian.

Nutrisi apa saja yang terkandung dalam ikan lele
  1. Protein yang tinggi, membantu sel-sel yang tumbuh pada tubuh kita seperti sel imun, sel otot kemudian ke otak. Jadi memang ini bisa mencukupi kebutuhan protein kita sehari-hari.
  2. Mengandung asam lemak yang baik, kandungan lemak tidak jenuhnya cukup tinggi dibandingkan lemak yang jenuh.
  3. Vitamin B12, Itu juga berperan pada metabolisme tubuh dan pembentukan sel darah merah, Jadi ini bisa menjadi salah satu asupan juga yang baik untuk anak-anak.

Bandingan ikan lele sama ikan laut dalam?
Tentu tidak bisa dibandingkan karena ikan-ikan laut dalam asam lemak omega tiganya pasti lebih tinggi dari ikan lele tapi harganya mahal. Ini bisa menjadi alternatif juga untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan asam lemak.

Orang kolesterol boleh tidak sih makan ikan lele?
Yang kita takutkan itu untuk orang yang kolesterol nya tinggi. Yang kita ketahui lemak jenuh dan lemak transnya. Jika menggoreng menggunakan minyak yang sudah hijau kandungan minyak transnya itu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kalau kita menggunakan minyak yang masih baru itu lebih aman.

Mitos atau Fakta seputar Ikan Lele
  1. Ikan lele sebabkan kanker, Mitos, Jadi sampai sekarang belum ada pembuktian menyebabkan kanker, Kanker itu sendirikan penyebabnya macam-macam mulai dari genetik, lingkungan, makanan. Jadi ada kaitannya dengan ikan lele.
  2. Makanan ikan lele adalah limbah, Jadi ikan lele itu diternakan memang diair tawar dan ternaknya lebih mudah. Sebelum diternakan memang diberikan kotoran hewan tapi jangan dibayangkan jika kotorannya langsung diletakkan dalam kolam. Jadi sebenarnya kotoran hewannya diolah terlebih dahulu kemudian difermentasi sehingga bakteri yang jahat sudah hilang dari penyebab penyakit.
  3. Patil ikan lele mengandung racun, Ini mitos karena belum pernah kejadian keracunan karena ikan lele.
  4. Buang kulit ikan lele supaya aman dikonsumsi, Jadi karena ikan lele ini diternakan di air tawar bisa dibilang ini adalah mitos, Kemnungkinan dia tercemar logam berat seperti mercury atau air raksa sangat kecil. Biasanya air raksa dan mercury biasa di ikan-ikan predator besar yang hidupnya dilaut.

Ikan lele mengandung asam lemak omega yang tinggi, Dan memang benar mengandung asam lemak yang baik tapi tetap saja kalau kita biasa pengolahannya digoreng asam lemak yang baik bisa berubah juga. Jadi berhati-hati untuk pengolahannya, Sebaiknya makan lele diseimbangkan sama serat dari sayuran seperti lalapan.

0 Response to "Berbahaya atau Berkhasiat Makan Ikan Lele"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel