Apa itu Junk Food dan Apa Perbedaanya sama Fast Food

- 1:29 PTG
Apa itu Junk Food dan Apa Perbedaanya sama Fast Food
Saat perut anda terasa lapar pasti anda akan terlintas untuk memakan junk food. Mempunyai rasa gurih yang mengenyangkan, membuat anda lupa jumlah kalori yang dikonsumsi. Jenis jenis junk food juga beraneka ragam seperti Ice cream, Fried chicken, Burger, Kentang goreng bahkan Mie instan.

Golongan makanan yang rendah serat dan nutrisi. Selain paraktis junk food menjadi primadona dikalangan masyarakat dimulai dari anak usia balita hingga dewasa memilih junk food sebagai
makanan alternatif mengisi perut dengan waktu singkat. Namun tahukah anda pembaca setia DokterPure, bahwa junk food yang artinya makanan sampah ini ternyata mengandung kalori tinggi tapi sedikit nutrisinya, Hingga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus.

Selain junk food teman dirumah juga tidak asing dengan makanan fast food, Yang diartikan makanan yang cepat saji yang memiliki nutrisi lebih baik dari junk food. Fast food merupakan teknik cara masak cepat seperti makanan Buah potong, Salad, Gado-gado, Restoran padang atau atau bahkan Warteg yang sering disajikan makanan cepat saji diindonesia.

Banyak orang yang belum memahami perbedaan junk food dengan fast food, Benarkah  fast food lebih sehat ketimbang junk food, Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara membedakan fast food dengan junk food?
Jadi sebenarnya fast food itu dari segi penyajiannya cepat tetapi didalam makanan itu sendiri tergantung dari kandungan atau komposisi makanan. Bila jika ternyata tinggi lemak, kalori kemudian nutrisinya rendah itu yang disebut junk food.

Banyak mengartikan kalau junk food itu makanan sampah, Maksudnya sampah itu adalah banyak kandungan yang tidak berguna bagi badan kita.

Ciri-ciri Makanan Junk Food

  1. Rasanya yang sangat lezat.
  2. Mengandung banyak kalori dalam jumlah makanan yang sedikit.
  3. Kaya akan kandungan lemak.
  4. Banyak mengandung gula.
  5. Rendah kandungan serat.

Mitos atau Fakta seputar Junk food

  1. Tidak ada nutrisi atau tidak sehat, Jadi benar tidak banyak nutrisi yang ada banyak kalori dan lemak yang tinggi, tapi nutrisi serat yang dibutuhkan tubuh minim sekali.
  2. Dapat membuat seseorang kecanduan ingin nambah lagi, Ini fakta karena didalam junk food itu pasti banyak ditambahkan penyedap, garam, tinggi natrium, lemak trans. Lemak trans yang membuat suatu makanan lebih renyah dan nikmat rasanya sehingga orang lebih kepengen nambah terus. Tapi kandungan lemak trans sangat tidak baik untuk tubuh.
  3. Junk food menyebabkan obesitas, Ini fakta sangat betul sekali, kandungan yang terdapat dalam junk food sudah dijelaskan.

Junk food tidak membuat kenyang, Jadi tergantung jenisnya karena bukan dari tampaknya yang besar dan mengenyangkan. Kalau misalnya seperti pizza atau fried chicken pasti ada rasa kenyang, dan jenis makanan junk food seperti keripik iya tidak membuat kenyang.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search