Penyebab Rambut Rontok Parah Sebabkan Kebotakan

Penyebab Rambut Rontok Parah Sebabkan Kebotakan

Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, namun apa jadinya bila mahkota tersebut mengalami gangguan berupa kerontokan rambut bisa sebabkan timbulnya kebotakan, dalam dunia medis disebut sebagai alopesia, kerontokan pada rambut merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada pria maupun wanita.

Penampilan menjadi bergitu penting bagi seorang selebritis salah satu bagian yang paling banyak menyita bagian bagian rambut, mahkota bagi setiap manusia, lalu bagaimana cara mensiasati jika rambut mereka mengalami kerontokan parah seperti yang dialami oleh artis cantik Ariana grande sempat mengeluhkan rambutnya yang mudah rontok dan membuat kebotakan dibeberapa bagian.

Hal tersebut yang membuat Ariana selalu tampil dengan ponitel diatas kepalanya, gadis 25 tahun ini sempat mengeluhkan soal rambutnya di akun media sosial miliknya.

Kerontokan dianggap normal bila jumlah helai yang rontok tidak lebih dari seratus helai perhari, namun kerontokan bisa menjadikan masalah bila jumlahnya berlebih dari seratus helai perhari dan tidak terkendali.

Rambut rontok yang tidak terkendali bukan awal dari kebotakan, jika anda merasakan kerontokan yang anda alami sudah anggap mengganggu konsultasikan pada dokter untuk segera ditangani.

Kerontokan rambut memang penyebabnya lumayan banyak dan yang paling sering adalah adanya kerusakan pada folekul rambut, salah satunya adalah penggunaan kosmetik rambut seperti catokan, itu panasnya akan merusak folikel rambut sehingga rambut kemudian lepas dan sulit untuk tumbuh lagi, jadi memang bisa timbul karena genetik atau turunan yang typenya memang mudah sekali rontok, faktor dari konsumsi obat obatan bisa, seperti anti keganasan, obat okalgulan, dan juga input nutrisi itu penting sekali

Secara Hormonal juga bisa misal ketika seorang ibu habis melahirkan tiba tiba tiga bulan atau beberapa minggu rambut mulai rontok, terus juga yang misalnya pasien yang harus terapi kemo, rambutnya yang rontok sampai kadang hampir semuanya rontok, kalau sesuai kemo terapi biasanya akan tumbuh lagi, ada yang disebabkan karena infeksi seperti jamur dirambut itu biasanya agak susah untuk tumbuh lagi karena sudah muncul jaringan parut, jaringan yang sudah merusak folikel jadi tidak bisa muncul lagi.

Cara perawatan rambut
Rambut harus menggunakan shampo yang sesuai type kulit kepala dan rambut, kemudian waktu keramas rambut jangan dilakukan terlalu keras karena itu merupakan suatu tarikan trauma bagi rambut.

Fase pertumbuhan rambut
Jadi siklus pertumbuhan rambut itu ada tiga fase.

  • Fase pertumbuhan yaitu fase anagen, terjadi sekitar dua sampai enam tahun jadi kenapa rambut panjang karena fase anagen itu.
  • Fase istirahat atau fase katagen, Jadi sebelum pertumbuhan mulai selesai masuk ke fase katagen, dalam waktu dua atau tiga minggu saja
  • Fase telogen adalah dimulainya rambut yang terlepas dari folekul rambut jadi berhenti untuk pertumbuhannya, sekitar tiga atau enam bulan.

Masalah rambut rontok pada fase yang mana?
Jadi pada rambut rontok itu biasa terjadi pada perubahan siklus, siklusnya itu fase anagen atau fase pertumbuhannya memendek namun fase kerontokan, yang terjadi beberapa bulan menjadi memanjang, kerontokaan yang terjadi setiap hari tidak diimbangi dengan adanya pertumbuhan, nah itu harus diterapi.

Mitos atau Fakta mengenai rambut rontok
  • Stres penyebab rambut rontok, Itu masih dalam penelitian, stress yang memang berkepanjangan bukan yang biasa saja  seperti stress terlambat kesekolah itu tidak, yang berkepanjangan memang mempengaruhi kerontokan rambut.
  • Sering shampoan, jadi normalnya orang keramas atau shampo itukan seminggu tiga kali sehari, tapi kalau kita menggunakan shampo dua kali sehari pasti akan menyebabkan kerontokan karena pada saat kita menggaruk membersihkan itu ada tekanan tarikan lama kelamaan pasti rambut juga akan ketarik dan biasanya rambut yang basah pasti akan lebih elastis mudah patah.
  • Penggunaan lidah buaya dan kemiri dapat menebalkan rambut, jadi biasanya kemiri diambil minyaknya kemudian lidah buaya diambil dagingnya itu memang mempunyai kandungan asam amino dan banyak vitamin, bisa merangsang pertumbuhan rambut, tapi harus diperhatikan kalau memang kerontokan rambut penyebabnya bukan hanya hal suatu mekanik seperti hormonal harus ada terapi khusus, bisa digunakan untuk diawal masalah, jadi kalau terjadi kerontokan terus menerus tidak ditangani dengan tepat seperti yang saya bilang harus ada terapi khusus.
  • Wig dan penutup kepala hentikan pertumbuhan rambut, menyebabkan kerontokan memang benar, penggunaan setiap hari membuat suatu tekanan pada rambut sehingga akhirnya rontok, dan biasa rambut yang rontok agak susah karena terganggu siklus pertumbuhannya.
  • Memotong rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut, itu adalah mitos, karena memang rambut pada pangkal memang lebih lebat dibandingkan diujung rambut, jadi pada saat kita memotong kesannya memang berasa lebih tebal, tapi kalau dipotong akan tumbuh lebih tebal, tidak, tapi memang gini misalkan pada bayi kalau rambutnya tidak dipotong nanti tidak tebal, jawabannya begini bayi yang baru lahir dengan rambut selus atau halus memang beberapa bulan setelah lahir akan lepas tapi biasanya susah, dengan memotong rambut akan cepat tumbuhnya rambut terminal rambut yang besar kaya orang dewasa, itu yang menyebabkan tampak kalau dicukur gundul jadi lebih tebal.

Kesalahan membuat rambut rontok pada orang yang selalu berhijab
biasanyakan orang yang selalu berhijab dari pagi sampai malam dan biasanya adalah rambut pasti dikuncir dan itu biasanya untuk rambut yang kuat membutuhkan karet yang kuat, dan itu yang bisa menyebabkan kerontokan karena tarikan yang terus menerus jadi disarankan misal pada sholat dzuhur dan ashar, digerahkan supaya tarikan tidak terjadi terus menerus, kemudian juga menggunakan hijab yang jangan terlalu kencang sekali tapi sedikit dikasih kelonggaran.

Penjelasan mengenai tonik dan shampo.
Jadi setiap rambut memiliki type masing, disarankan setiap rambut harus dishampo dengan sesuai kondisi rambutnya, misal rambutnya kering harus dengan shampo yang kering ditambah dengan kondisioner, karena kalau tidak akan terkusut, jika sudah terjadi kusut pasti menyisir dengan tekanan menyebabkan rambut patah dan rontok, penggunaan tonik juga bisa digunakan sehabis keramas.

Habis keramas kondisi rambut basah usahakan menggunakan sisir yang tidak rapat dan tajam, dan jangan juga menyisir waktu kondisi basah, karena pada kondisi itu rambut sangat elastis mudah rontok.

Penangan rambut rontok yang sudah parah, ada cara untuk menanam rambut.
Dengan pasien yang kebotakan itu bisa dilakukan operasi transpalasi rambut atau tanam rambut, dimana memindahkan rambut dari bagian yang terlihat lebat seperti dibelakang kepala dan samping kepala nanti dipindahkan, biasanya pertama adalah garis rambut yang depan itu dilakukan mulai mundur dan mulai mundur.

Sebelum penanaman ambil rambut dengan polikelnya bagian belakang diambil satu strip kemudian dilepaskan terus masuk proses kemeja operasi nanti dipotong menjadi satu unit yang nantinya akan ditanam bagian depan, kemudian bagian belakang kepala yang sebagai donor dijahit, proses dimeja operasi dengan mikroskop kita pisahkan polikel rambut bisa dapatkan satu polikel jika kapasitas polikelnya banyak bisa dapat dua polikel, rambut kita diukur dulu perporsi wajah dan rambutnya kemudian tanam dari bagian depan sampai bagian tengah.

Apakah semua orang botak bisa dilakukan?
Tidak semua, tergantung dari modal atau donor rambut yang ada, kalau botaknya sampai daerah belakang itu akan sulit sekali karena donornya itu sedikit, jadi memungkinkan untuk memindahkan yang sedikit untuk ke depan.

Setelah operasi, cara perawatannya
Awal setelah operasi biasanya hanya mengoleskan salep saja dibagian operasinya, kemudian tiga hari setelah operasi pasien boleh keramas tapi tidak boleh menggunakan shower langsung kedaerah operasinya karena akan memberikan tekanan sehingga akan terpaksa untuk keluar, jadi pakainya menggunakan gayung pemakaiannya pelan saja selama dua minggu, setelah itu boleh keramas biasa dan menggunakan shampo baby, demikian Penyebab Rambut Rontok Parah Sebabkan Kebotakan, sekian semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Rambut Rontok Parah Sebabkan Kebotakan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel