Kerupuk Renyah Apakah akan Kaya Nutrisi

Kerupuk renyah apakah akan kaya nutrisi

Sensasi kriuk dimulut membuat semua orang untuk tidak berhenti mengunyahnya, siapa yang tak kenal krupuk?, makanan ringan yang satu ini memang sangat digemari masyarakat indonesia. Hampir setiap hari banyak orang yang memakan kerupuk sebagai cemilan atau pelengkap makanan.

Siapa yang tidak suka sama makanan yang satu ini yaitu kerupuk, makanan yang digemari masyarakat baik sebagai cemilan atau makanan pelengkap, jenisnya pun beragam ada yang berwarna putih, coklat dan ada juga berwarna-warni.

Sejarah Kerupuk

Asal mulanya kerupuk berasal dari kisah dari keluarga miskin yang mempunyai banyak anak, dan untuk bertahan hidup mereka hanya makan nasi sama lauk saung yaitu ketela pohon yang diserut, serutan itulah yang bakal jadi tepung tapioka yang merupakan bahan dasar dari kerupuk.

Menurut sejarawan Fadli Rahman keupuk sudah ada dipulau jawa sejak abad 9 dan tertulis diprasasti batu pura yang berisi keupuk rambak atau kerupuk yang terbuat dari kulit sapi dan sampai saat ini keberadaan kerupuk kulit menjadi salah satu bahan makanan yaitu krecek.

Pada berkembangannya kerupuk tidak disebut hanya diindonesia saja, sekitar abad 19 kerupuk mulai disukai kolonialisme hindia belanda dan dianggap sebagai makanan pelengkap yang harus ada saat mereka makan.

Ada berbagai ragam jenis kerupuk yang sering dijumpai seperti kerupuk kulit, kerupuk udang dan kerupuk emping.Belakangan ini ada yang beranggapan bahwa wanita yang sedang hamil tidak boleh konsumsi kerupuk serta berbagai macam mitos soal kerupuk yang beredar masyarakat, untuk mengetahui apa saja fakta atau mitos seputar kerupuk simak jawabannya berikut ini.

Mitos atau Fakta mengenai kerupuk


  1. Makan krupuk cuma makan angin saja, sebenarnya tidak, tapi didalam kerupuk ada terkandung kalori dan dominannyaa pada lemak sama kerbohidrat karena bahan dasarnya adalah tepung.
  2. Rasa gurih pada kerupuk sebabkan darah tinggi, Ini kurang lebih benar karena didalam kerupuk memang ada zat perasa dan natrium atau garam, Kandungan garam yang cukup tinggi, jadi untuk yang darah tinggi hati-hati untuk konsumsi kerupuk.
  3. Kerupuk sebagai makanan utama bikin kegemukan, jadi untuk kerupuk sendiri mengandung tepung dan minyak, Kalau kita konsumsi dalam jumlah banyak.
  4. Zat pewarna pada kerupuk sebabkan kanker, Jadi untuk bisa menarik minat harus dibutuhkan zat pewarna, Zat yang pernah ditemukan yang beredar itu adalah rodamin dan itu yang sebabkan kanker. Merupakan bahan asitogenik.
  5. Kerupuk mengandung lilin, Mitos karena belum pernah ditemukan kalau mengandung lilin.
  6. Konsumsi kerupuk berlebihan bahaya untuk janin, tidak pernah ditemukan namun pada prinsipnya kalau konsumsi dalam jumlah banyak akan berbahaya, Makanlah secukupnya dan sebagai bahan pelengkap saja.

Ciri-ciri kerupuk yang mengandung zat berbahaya


  • Warna yang mencolok
  • Kerenyahan pada kerupuk bertahan lebih lama
  • Tenggorokan menjadi sakit
  • Keras
  • Bau menyengat ketika dibakar

0 Response to "Kerupuk Renyah Apakah akan Kaya Nutrisi"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel