Gejala Menopause, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gejala Menopause, Bagaimana Cara Mengatasinya?








Menopause adalah takdir yang tidak bisa dielakan dan harus terjadi pada setiap wanita, menopause sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar wanita karena memang setelah menopause seorang wanita akan mengalami perubahan yang cukup signifikan pada dirinya.

wanita yang sudah menopause tidak akan bisa hamil atau memiliki keturunan dan berpotensi mengalami berbagai jenis penyakit degeneratif yang sama besar resikonya dengan pria, menopause bisa ditunda dengan melakukan perawatan diri secara rutin dan teratur sejak usia muda dan usianya bervariasi pada masing wanita, namun biasanya tanda tandanya akan terjadi pada masa memasuki usia lanjut.

Sebenarnya seorang wanita mengalami menopause tidak membutuhkan perawatan medis, meski tidak semua wanita berhasil mengatasi gejalanya dengan langkah sederhana, apalagi kalau mengalami gejala yang parah hingga mengganggu rutinnitas, dokter biasanya akan menganjurkan penggunaan obat obatan.

Sebenarnya memang proses menopause itu suatu proses yang alami, jadi itu tidak bisa dihindari oleh semua wanita karena itu termasuk kodrat, bahwa ada masa sendiri, masa kecil, masa remaja, masa reproduksi dan ada masa menopause, gejala dimana setelah lama satu tahun tidak haid sama sekali, itu baru disebut dengan menopause, biasa keluhan yang sering terjadi sebelum dan sampai satu tahun bahkan lebih setelahnya masih suka berasa keluhannya.


Menopause yang normal diatas umur empat puluh tahun, kalau dibawah empat puluh tahun baru kita bisa menyebutkan mengalami menopause dini, umur rata yang diindonesia menurut penelitian sekitar lima puluhan tapi ada juga misalnya dalam satu kondisi menurut penelitian sering melahirkan usia menopausenya lebih lama.

Mentruasinya lebih cepat mempengaruhi menopause lebih cepat, apakah benar?
Sebenarnya sangat tergantung dari kondisinya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan lebih cepat datangnya, misal pernah ada dioprasi didaerah idung telurnya.

Menjadikan jadi sering ngompol, benar atau tidak?
Jadi memang pada beberapa kasus itu menopause mempengaruhi ototnya menjadi lebih lemas termasuk otot spinter yang mengatur bahwa orang kalau pipis bisa ditahan atau tidak.

Yang pautut diketahui atau diwaspadai
Jadi karena homron ada didalam darah jadi banyak mempengarui organ didalam tubuh kita, terutama diotak, mengganggu moodnya, contohnya menjadi susah tidur, mudah gelisa, timbul perasaan tidak enak, dan mempengaruhi juga pada kulit kulit menjadi kering keriput, tulang menjadi keropos osteoporosis, payudara menjadi kendor, rambut menjadi rontok, misal kalau kita lihat nenek kita pasti rambutnya sudah sedikit itu karena ada hubungannya dengan hormon.

Cara untuk meredakannya atau meminimalisirkan gejala yang ada.

  • Jadi sebetulnya yang paling penting adalah bahwa menyadari itu adalah suatu proses yang alami dan terjadi pada semua wanita karena kalau kita siap menerima dengan tenang otomatis kita bisa melaluinya menjadi lebih baik.
  • Mengetahui gejalanya, ada beberapa macam dan setiap orang juga tidak selalu sama keluhannya dan yang paling seperti berasa badannya panas kalau malamnya, berasa badannya tambah gemuk, susah tidur, tapi yang paling dirasakan itu adalah haid, haid menjadi semakin jarang datangnya, biasanya satu bulan sekali sudah dapat tapi dua atau tiga bulan sekali, kalau wanita belum dapat itukan rasanya sudah minta ampun.

Makanan yang mengurangi gejala menopause
Contoh ada jeruk, strawberry, makanan yang mengandung antioksidan membantu proses menopause dan bisa membantu untuk mengurangi gejala dan keluhannya, ada dua yang penting sebetulnya adalah yang mengandung kalsium yang membantu mengurangi osteoporosis, dan beberapa makanan seperti kacang kedelai mengandung vitoesterogen yang berasal dari tumbuhan, itu jauh lebih lunak atau tidak lebih berbahaya dibandingkan dengan esterogen yang buatan, bisa didapat dari susu kedelai, tahu, tempe.

0 Response to "Gejala Menopause, Bagaimana Cara Mengatasinya?"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel