Cara Mengatasi Gejala Kesemutan Parestesia pada Kaki secara terus menerus

Cara mengatasi gejala kesemutan atau parestesia terus menerus
Pernahkah anda mengalami kesemutan terus menerus pada kaki maupun tangan, rasa yang seperti tertusuk, kaki sering kesemutan dan pegal, geli atapun mati rasa, Itu ciri rasa bahwa anda sedang
kesemutan. Posisi tubuh yang tidak berubah dalam waktu yang lama bisa menjadi kesemutan seperti anda saat duduk bersila atau duduk lama.

Parestesia atau kesemutan terjadi karena adanya hambatan supply didarah ke sel saraf tertentu sehingga darah yang mengalir menjadi berkurang. Adapaun bagian tubuh yang sering merasakan kesemutan biasanya adalah telapak tangan dan juga kaki, Faktor lain penyebab kesemutan adalah kurangnya asupan vitamin B hal ini dikarenakan vitamin B merupakan makanan bagi sistem saraf didalam tubuh kita. Lalu bagaimana jika kesemutan terjadi secara terus menerus, apakah berbahaya bagi tubuh kita, untuk lebih jelasnya mari kita simak berikut ini.

Penjelasan bahwa kesemutan ada yang sementara dan kronis?

Jadi kalau kita bicara kesemutan sebenarnya gejala bukan penyakit tapi bisa merupakan salah satu gejala atau tanda yang mendasari dibelakangnya ini. Kesemutan ada yang relatif normal atau yang mesti diawasi lebih lanjut, kalau yang relatif contoh duduk sila terlalu lama karena posisi ini dalam kondisi tertekan menjadikan aliran darahnya menjadi tidak lancar kesaraf daerah tersebut yang biasanya dikaki, hal ini menyebabkan gangguan sensifitas saraf terganggu dan akhirnya timbulnya kesemutan atau dalam bahasa kedokteran namanya parestesia, itu relatif tidak berbahaya dan akan hilang sendirinya ketika kita merubah posisi.

Tapi yang menjadi berbahaya adalah kesemutan terus menerus, apalagi jika semakin waktu semakin bertambah, itu yang sangat penting kita kejar cari tahu apakah ada penyakit serius.

Gejala kesemutan(Parestesia)
  1. Mati rasa.
  2. kaku.
  3. Merasa lemah pada anggota badan.
  4. Sensasi menggelitik atau geli pada anggota tubuh.
  5. Rasa ditusuk-tusuk dianggota badan.

Apa yang terjadi pada keram?
Adalah kontraksi otot yang tidak normal, kalau bicara tentang kram contohnya otot kita sedang bergerak tapi tidak ada perintah tiba-tiba bergerak, kalau pemain bola sering menyebutkan kalau betisnya ketarik, jadi keram sama kesemutan berbeda memiliki dua hal yang berbeda karena yang satu terkena saraf sensorik dan yang satunya kena saraf motoriknya.

Pencetus kesemutan selain karena posisi duduk?
Banyak ada yang mulai ringan, contohnya pada orang yang kekurangan asupan vitamin B, bisa juga disebabkan penyakit yang menyeluruh seperti diabetes atau pada orang yang gangguan imunitas.

Penyebab Kesemutan
  1. Sakit kepala atau migrain.
  2. Terapi Radiasi.
  3. Cedera saraf.
  4. Malnutrisi atau tubuh kekurangan nuutrisi.
  5. Saraf kejepit.
  6. Pembuluh darah membesar.
  7. Infeksi.
  8. Tumor.
  9. Racun alergen dalam makanan laut.

Cara mengatasi Kesemutan.

  1. Perbaiki aliran darah dengan melakukan gerakan tubuh secara perlahan atau memijatnya.
  2. Konsumsi asupan vitamin B seperti B1, B6 dan B12. Gunanya untuk membantu memperbaiki fungsi saraf dan pengantar metabolisme tubuh. Dari ketiga vitamin tersebut tidak dapat diprosuksi oleh tubuh sehingga harus di penuhi melalui makanan.
  3. Hindari minuman yang mengandung alkohol karena dapat berakibat defisiensi vitamin B.

Kesemutan bisa jadi salah satu tanda dari penyakit stroke, kita harus tahu lokasinya dimana, biasanya bagi penderita stroke kesemutan dibagian setengah saja dari wajah sampai kaki. Jika anda kesemutan ditangan dan kaki bersamaan ada penyakit yang mendasari bukan berarti seperti biasanya.

Kesemutan tanda penyakit
  1. Kerusakan saraf
  2. Autoimun
  3. Diabetes
  4. Penyakit ginjal
  5. Gangguan tiroid
  6. Kanker

Penjelasan lebih lanjut mengenai kesemutan yang bisa dikatakan serius atau biasa.

  1. (Lokasi) kesemutan, Lokasi yang tidak bahaya biasanya kalau lokasinya diujung kaki dan ada pencetusnya seperti duduk terlalu lama.
  2. (Onset) Kapan mulainya waktu kesemutan, Misalnya dimulai sejak satu bulan lalu mulai sekarang terus-terusan itu tidak masuk akal pasti ada yang timbul terjadi
  3. (Frekuensi) Seberapa sering kesemutan, Misal kita tidak sering duduk lama dan lainnya terus merasakan kesemutan terjadi keseringan, Ini bisa menjadikan tanda penyakit yang serius tanpa adanya pencetus.
  4. (Intensitas) Semakin lama menjadi semakin berat , Contohnya pada penderita diabetes dengan peringatan kadar gula, relatif kadar gula tidak terkontrol maka gejela kesemutannya akan semakin bertambah.

Mitos dan Fakta yang berkembang dimasyarakat tentang kesemutan.
  1. Kesemutan ditangan artinya mau dapat rezeki, Ini jelas mitos tidak ada hubungannya sama rezeki seseorang
  2. Kesemutan terjadi karena peredaran darah tidak lancar, Bisa tapi tidak harus, artinya faktor mengakibatkan kesemutan itu terjadi karena adanya di gangguan saraf tepi, Gangguan disaraf tepi sebabnya banyak salah satunya gangguan peredaran darah, tapi disamping itu masih ada banyak peny a harus dicari, Ini Fakta.
  3. Mengurangi kesemutan dengan menyiram air dingin, Air mempunyai sifat pembuluh darahnya menjadi menyempit dan seharusnya menyiram dengan air hangat karena akan membuat peredaran darah semakin lancar jadi supply atau pasokan darah besar akan lebih baik.
Sering kesemutan tanda gejala stroke, Stroke salah satu tanda Memang mungkin kesemutan, tapi tipe kesemutannya yang seperti apa, kalau stroke ini kan yang sebelah, ini bisa mungkin. Tapi kalau hanya tangannya saja kakinya saja itu bukan karena stroke tapi lain cerita karena kejepitan diarea pergelangan tangan.

0 Response to "Cara Mengatasi Gejala Kesemutan Parestesia pada Kaki secara terus menerus"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel