Benarkah Khasiat Beras Merah lebih tinggi ketimbang Beras Putih?

Benarkah Khasiat Beras Merah lebih tingg ketimbang Beras Putih?
Belum makan kalau belum makan nasi adalah sebuah komeo yang lazim dimasyarakat indonesia, beras atau nasi putih yang di konsumsi sehari hari memang dipercaya jadi buang waktu bagi kesehatan, namun apa boleh buat kita sudah disuapi sejak kecil dengan makanan pokok yang satu ini.

Dalam sebuah studi telah diketahui bahwa konsumsi nasi putih yang tidak terkendali dapat meningkatkan resiko diabetes type dua dan resiko ini membuat sebagian orang mengambil keputusan untuk mencoba konsumsi beras alternatif, seperti beras merah yang dianggap lebih menyehatkan, tentu ini bukan keputusan yang mudah rasa dan tekstur yang jauh lebih berbeda dengan beras putih, membuat beras merah tidak mudah menjadi pilihan seseorang.

Beras merah yang dianggap banyak manfaat, salah satunya kaya serat yang berkhasiat menekan resiko diabetes dan yang lainnya, jenis beras ini hanya contoh dari berbagai varian beras yang ada dengan spesifikasi kandungan nutrisi yang berbeda.

Jadi kalau mau milih nasi putih ataupun merah, boleh saja asalkan karbohidrat, kalau ditanya pemilihannya yang beras merah memang lebih banyak seratnya, kadar indexblikemik lebih rendah sehingga menaikkan gula darah lebih rendah dibanding beras putih.

Mitos atau Fakta mengenai beras putih

  • Beras putih tinggi karbohidrat, jadi semua beras pasti mengandung karbohidrat, yang membedakan adalah pada kandungan indexblikemiknya
  • Beras putih lebih mudah bikin gendut, jadi tergantung porsi yang kita makan, kemudian lauknya yang dimakan, jadi ketika kita makan kandungan indexblikemiknya tinggi kita berpadukan dengan yang indexblikemiknya rendah, mengkombinasikan makanan dalam satu porsi.
  • Tinggi kandungan gluten, semestinya tidak, jadi mitos.
  • Tidak mengandung protein dan vitamin, jadi nasi itukan seharusnya mengandung karbohidrat, kalo bilang mengandung vitamin memang ada vitamin B, cuman kandungan vitamin B nya lebih banyak di beras merah.


Banyak orang beranggapan bahwa nasi merah lebih bagus, walaupun lebih bagus juga namun enggan mengkonsumsinya, katanya tidak enak?
Karena memang secara struktur kita sudah terbiasa dengan nasi putih, dengan tambahan sedikit air putih saja terasa sudah manis, enak, nikmat. Tapi kalau nasi merah ini memang begitu dimasak apalagi dengan jumlah air yang biasa saja itu rasanya pera.

Mitos atau Fakta mengenai beras merah

Rendah kalori, sudah disebutkan kalau makannya kebanyakan kalorinya jadi tinggi, terutama dari karbohidrat karena dominannya karbohidrat, tetapi kalau kita makannya sedikit dikit alias terukur, berarti kita mengontrol.

Dapat mengontrol gula darah, itu benar karena kandungan serat yang tinggi.

Kandungan antara beras merah dengan beras putih Jadi sebenarnya hampir seimbang, yang menjadi perbedaan itu mencolok dikandungan serat serta vitamin dan mineral.

Vitamin B, suatu keunggulan untuk diabetes dengan adanya kandungan vitamin B lebih besar, kita tahu bahwa pada penderita diabetes itu ada komplikasi paling sering disaraf, padahal vitamin yang membantu pemulihan menggunakan vitamin B6, jadi kalau menggunakan ini bisa membantu memperbaiki saraf yang telah rusak.

Jadi kesimpulannya beras merah atau beras putih yang lebih sehat?, tapi kita harus tambahin dulu kalau beras merah ini mempunyai warna merah karena antosianin yang mempunyai efek antioksidan yang dapat mencegah penuaian dini, dan kita sudah tahu bahwa nasi merah punya kelebihan dibandingkan nasi putih, tapi balik lagi yang menentukan ditangan anda.

0 Response to "Benarkah Khasiat Beras Merah lebih tinggi ketimbang Beras Putih?"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel