4 Penyakit Pemicu Sendawa terus menerus

 4 Penyakit pemicu sendawa terus menerus
Setelah makan dan terasa kenyang biasanya kita akan bersendawa, setelah sendawa terjadi perut pun berasa lebih ringan dan tidak begah lagi, sendawa setelah makan adalah hal yang sudah biasa, umumnya bukanlah hal yang berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus, namun meski sendawa adalah proses alamI dan tak perlu dicegah lain halnya jika anda terus menerus bersendawa, bisa jadi ini gejala suatu penyakit atau efek samping obat-obatan tertentu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, jika anda terus bersendawa dan perut terasa kembung.

Penyebab Sering Sendawa.

Bahwa sendawa sebetulnya usaha tubuh untuk mengeluarkan gas yang menumpuk dilambung, jadi prosesnya adalah gas yang didorong dari lambung ketenggorokan ke esokagus kemudian, dari esokagus ini didorong lagi ke mulut, jadi ditubuh kita itu ada dua katup, katup dari lambung ke kerongkongan lalu katup nya kemulut, jadi harus melewati dua katup ini untuk keluar. Nah proses ini biasanya banyaknya gas sehingga katup itu terdorong melemas lalu terbuka, jika katupnya tertutup gas nya tidak banyak.

Penyakit pemicu sendawa terus menerus


  1. Penyakit refluk asam lambung atau gerd
  2. Gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency)
  3. Radang pada dinding perut (gastritis), adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, gastritis dibagi menjadi dua, yaitu akut (berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan kronis (berkembang secara perlahan-lahan).
  4. Hernia hiatal, adalah kondisi di mana bagian atas perut menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma.


Dan yang paling bersendawa karena makanan, pada habis makan secara alaminya pasti akan mengalami bersendawa, itu fasenya ada dua, yang pertama pada saat kita mengunyah makanan gas itu akan masuk ikut tertelan, dan yang kedua karena proses makanan itu sendiri, makanan yang menghasilkan gas, jika gas nya banyak akan menimbulkan sendawa yang banyak jika gas nya sedikit akan menimbulkan sendawa yang sedikit, dan itu yang dikatakan wajar, ada juga yang tidak wajar.

Yang tidak wajarnya orang tidak makan tapi bersendawa, kesimpulannya bersendawa tidak membahayakan nyawa tapi sering sendawa tidak mengenakan dan memalukan, kalau habis makan biasakan biasa saja, tapi pada saat kita mengobrol akan sangat mengganggu.

Sendawa berlebihan yang disebut fatologis, kebanyakan bukan karena makanan tapi malah justru tapi sikologis, karena gas tapi saluran nafas masuk tidak sempat kelambung lalu keluar.


Faktor pemicu kembung

  1. Penyakit pencernaan pemicu sendawaMakanan contohnya brokoli, kol, kacang-kacangan, pisang dan lain-lain.Minuman yang berkarbonisasi seperti soda.Obat-obatan seperti Aspirin, Ibuprofen, pereda nyeri (Naproxen), dan lainnya.


0 Response to " 4 Penyakit Pemicu Sendawa terus menerus"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel