Waspada Penyakit yang sering diderita Orang Kantoran

Siapa bilang bekerja didalam ruangan atau kantor bisa terhindar dari penyakit justru bekerja di balik meja beresiko terkena beberapa jenis penyakit tertentu seperti sakit dipersendian tangan akibat terlalu sering berkerja menggunakan tangan, dimana lengan atau jari terasa kaku, pegal dan linu.

Tekanan pekerjaan dan deadline tidak jarang membuat anda stress dan membuat anda terus untuk memaksakan diri untuk tetap bekerja tanpa bisa beristirahat, akibatnya anda bisa terkena sakit kepala yang menyebar kebagian tubuh seperti leher, punggung hingga pinggang.

Gejala penyakit yang tergolong ringan ini bisa berakibat sangat fatal bila tidak diatasi secara cepat ditambah dengan pola hidup tidak tepat bisa berakibat timbulnya penyakit lain yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

Baca juga : Tips sehat alami terbaru ketika bekerja dikantor

Pekerja kantor terkadang tidak sadar bahwa posisi duduk yang salah hingga berjam jam bisa mengakibatkan sejumlah keluhan seperti nyeri pinggang, kemudian kaku otot lengan, leher dan sebagainya, kenapa bisa menyebabkan hal seperti itu.

Pada dasarnya karena tidak ada penyesuaian antara loading, beban dan spontan kita, awalnya biasanya yang kita tegang adalah ototnya dan berasa pegal terus akan terjadi nyeri, jika terjadi menerus bisa terkena tulang punggungnya, bahkan bisa beresiko lebih lanjut bisa menimbulkan terkompresi  atau tekanan pada sarafnya.

Jangan terlalu keseringan meminum kopi saat kerja kantoran, sebenarnya kalau kopi diminum cukup satu tegukan saja jangan berlebihan, jika berlebihan akan menyebabkan kontresi pembuluh darah sehingga oksigen keseluruh badan umumnya, khususnya kekepala akan menyebabkan terjadi pengeluaran yang namanya asam laktat yang menyebabkan mudah pegal.

Mitos atau fakta penyakit yang kerap diderita orang kantoran

  • Terlalu lama duduk akan menyebabkan gangguan saraf dan otot, bisa saja terjadi.
  • Duduk dalam waktu yang lama tubuh dapat dianggap seperti sedang tidur, sebenarnya tidak, posisi duduk sedang tidur posisi yang salah.
  •  Kerja terlalu lama sampai sering lupa minum air putih.
  • Jam kerja terlalu lama dapat menyebabkan otot leher tegang, benar sekali.


Pernahkan anda hitung berapa waktu bekerja duduk dilayar komputer, begini tips untuk duduk yang benar dilayar komputer.

  • Ketika duduk postur tubuh lurus, tujuannya untuk menghindari kontraksi pada otot secara berlebihan
  • Jarak pandangan mata kemonitor jangan terlalu dekat atau jauh, Tujuannya untuk menjaga mata tidak mengakibatkan perih.
  • Lakukan relaksasi setelah tiga puluh menit bekerja.
Gerakan untuk merelaksasi
  • Letakkan kedua tangan diatas paha dan biarkan bahu rileks.
  • Rentangkan kedua tangan dan lakukan putaran.
  • Rentangkan kedua tangan dan tarik keatas.
  • Tarik kaki kedepan dan angkat selama beberapa menit.

Jadi artinya gerakan relaksasi ini cepat dilakukan bagi anda yang mungkin ingin mencegah atau sudah mengalami nyeri pinggang posisi tubuh yang salah jadi kalau anda sakit tubuh nyeri pinggang atau otot saat bekerja, jangan panik karena kita bisa melakukan relaksasi disela jam kantor.

0 Response to "Waspada Penyakit yang sering diderita Orang Kantoran"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel