Pusar Bodong pada Bayi dan Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?

Pusar bodong pada bayi dan ibu hamil, Apa Penyebabnya?
Pusar Bodong pada bayi dan ibu hamil
Pasti anda pernah mendengar seputar pusar bodong banyak masyarakat yang meyakini, pusar bodong terjadi karena proses pemotongan tali pusar yang tidak sempurna saat ibu hamil sedang melahirkan, sampai memasang koin diatas pusar agar pusar bayi tidak menonjol.

Namun tahukah anda apa sebetulnya pusar bodong, sebetulnya terjadi karena hernia pusar biasanya banyak terjadi pada bayi baru lahir dan ibu hamil, hernia pusar biasanya akan hilang saat anda memasuki usia satu atau dua tahun, namun tidak sedikit pula yang kondisi pusarnya tetap menonjol bahkan hingga seseorang meninjak usia dewasa, selain menurunkan rasa percaya diri bisa juga membuat tidak nyaman karena kerap terasa sakit.

Jadi bayi yang baru lahir memang pusarnya itu bodong dan tetap lebih keluar dan itu adalah suatu hal yang normal, cuman banyak masyarakat yang berpendapat harus dikasih koin supaya masuk lagi dan itu memanglah mitos, karena normalnya pada bayi lahir itu memang lebih menonjol dengan berjalannya waktu nanti akan kembali kearah yang datar di cincin dari pusar itu sendiri, pada kasus tertentu akan bertahan begitu terus sehingga kita sebut sebagai pusar bodong atau bahasanya medisnya hernia umbilical.

Bahwa kalau bayi yang baru lahir normalnya lebih menonjol karena pusar itu tempat untuk keluar masuk dari arteri sama umbilicalis jadi ada pembuluh darah yang memberi makan ke janin dari ibunya, dan kalau sudah puputan atau sudah mengering itu akan putus sendiri dari pusar cincin itu.

Memang kalau untuk awal itu agak menonjol dan membuat orang tua khawatir, jangan jangan kalau kita tekan  kemudian malah menjadi normal, sebenarnya kalau kondisinya normal tidak ada hernianya, memang akan normal sendiri dan memang kalau terjadi menjadi hernia jadi pusar bodong, walaupun diberikan koin juga tetap seperti itu.

Kalau berbahaya sekali tidak, asalkan koinnya itu dibersihkan steril terus kemudian dibungkus dengan kasa yang bersih, bahayanya satu kalau tidak dibersihkan bisa memberikan dampak infeksi dan bahaya yang kedua yang namanya bayi terkadang megang tidak disterilisasi bisa malahan ditelen dan paling repot dan harus diwaspadai.

Tidak cuma untuk bayi pada dewasa juga ada fenomena pusar bodong, terus gimana?
Jadi pusar bodong bayi sama yang dewasa itu berbeda kejadiannya, pada bayi bisa dianggap fisiologis kecuali jika berkelanjutan tapi pada seorang dewasa itu memang biasa disebabkan karena tekanan di dalam perut yang tinggi contoh, orangnya sering sembelit, kejang,hernia pusar bodong atau hernia atau turun berok dan yang paling sering dilipat paha hernia ini ketahui bahwa keluarnya bagian dari jaringan organ tubuh melalui jaringan yang lebih lemah, jadi yang normalnya didalam perut kemudian keluar dari perut melalui suatu lubang yang kita sebut hernia, yang keluar bisa organ misal usus, bisa suatu jaringan lemak usus.

Baca Selengkapnya mengenai Hernia : Definisi penyakit hernia

Penyebab lain dengan peningkatan tekanan perut yang tinggi contohnya sakit hati atau liver, dimana tekanan cairan dalam perut akan meningkat dan terdorong dan timbulah hernia.

Mitos atau Fakta mengenai pusar bodong

  • Rumah bagi kuman dan bakteri, memang disitu tempat yang berlipat dan sangat potensial untuk menyimpan kuman,  makanya harus sering dibersihkan, kalau mandi diberi sabun kemudian dikeringkan.


  • Bentuk pusar akan berubah ketika hamil, dan itu fakta bisa menyebabkan hernia termasuk untuk ibu hamil, apa lagi hamilnya berkali kali, karena dindingnya semakin melar besar kemungkinan bisa terjadi, jika hernianya besar tidak akan balik sendiri tapi kalau kecil bisa balik sendiri.


0 Response to "Pusar Bodong pada Bayi dan Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel