Penyebab ngantuk terus lemes pusing setiap hari

 penyebab ngantuk terus lemes pusing setiap hari
Dalam kasus yang ekstrim orang dengan hipersomnia, bukan tidur nyenyak dimalam hari selama dua belas jam lebih, tetapi tetap tidur disiang hari, tidur siang atau malam tidak akan membantu derita hipersomnia, pikiran selalu diselimuti dengan rasa kantuk dan keinginan untuk tidur.

Hipersomnia adalah tidur malamnya kurang sedikit, kemudian tidur siangnya kebanyakan, seringnyakan  orang malamnya yang banyak, kemudian siangnya banyakan bekerja.

Mitos fakta mengenai hipersomnia

  • Tidur lebih banyak lebih baik dari pada kurang tidur, mitos, karena dua duanya tidak baik, kebanyakan tidur akan berdampak pada metabolik, kurang tidur juga akan mengakibatkan pada metabolik, walaupun efeknya berbeda tapi sama tidak baik.
  • Tidur lebih banyak dapat menghubungkan obesitas atau kegemukan, Sepertinya bisa dibolak balik, misal orang yang diabetes, orang yang diabetes itu kalau gulanya ketinggian maka akan banyak tidur, gula rendah juga bisa bikin tidur terus, kebalikannya orang yang tidur terus hipersomnia itu juga bisa terjadi faktornya pun bisa lebih besar.
  • Bisa pendarahan hebat saat hamil, ini tidak bisa disebut fakta, tapi juga tidak dibilang mitos betul.
  • Kesulitan untuk mengingat, iya memang orang yang suka tidur itu orang yang sulit untuk konsentrasi kemudian juga mudah gelisah lebih hipersensitif, paling tidak enaknya itu sampai muncul halusinasi, dan yang tidak untuk pasien adalah saat orangnya hipersomnia suatu saat akan mengalami gangguan sosial, kalau sudah sampai tahap itu menyebabkan orangnya bisa depresi.
  • Membuat kepala jadi pusing, iya betul karena tentu semua orang memerlukan waktu tidur yang cukup, waktu cukup setiap orang berbeda beda yang pasti semakin berumur seseorang, waktu tidur akan berkurang jadi kalau anak anak mungkin membutuhkan bisa sampai delapan jam sepuluh jam sedangkan dua puluhan, enam jam saja sudah cukup, berapa persisnya orang tidur memang tidak ada batasan persisnya.

Penyebab Hipersomnia ada bisa karena primer maupun sekunder, primer penyebabnya ada pada otak, kalau sekunder banyak banget sebagai contohnya sudah dijelaskan seperti obesitas, depresi dan lain.

Hipersomnia kantuknya ditempat atau waktunya seorang beraktifitas, mengenai tentang tidur itu suatu mekanisme atau ada fisiologisnya yang memang normalnya ada tahapannya, tahapan ini mekanismenya terganggu.


Tidur sebenarnya tidak hanya kita merem terus tidur tapi tahapannya, jadi ketika tidur itu ada yang namanya aktifitas listrik otak, kesannya tidak berfikir apa apa tapi otak tidak pernah berhenti bekerja, bahkan jika kita tidurpun memiliki tiga tempat sering terlibat ketika tidur itu namannya kortek oxibilital, kortes kobulatum dan pons, fungsinya untuk mengatur zat kimia yang diperlukan ketika tidur.

Normalnya begini ketika kita bangun, otak yang namanya transmiter eksistasi membangunkan kita sehingga jadi sadar penuh, disatu sisi ada zat kimia yang menekan ketika yang menekan lebih dominan maka akan terjadi proses yang namanya tidur.

Didaerah belakang kepala ada pusat penglihatan namanya oxitalkortex yang normalnya yang kita lihat akan diterjemahkan disana, tapi sebenarnya kalau kita tidurkan tidak melihat apa apa, ketika kita tidur yang namanya genikulet itu akan mencetuskan suatu rangsangan yang berupa mimpi yang akhirnya diterjemahkan diotak bagian  belakang.

Tahapannnya secara gampangnya orang tidur meiliki dua tahap yang namanya tahap nonrem, rem adalah gerakan mata secara cepat ada yang bergerak matanya dan tidak gerak matanya.

Polisomnogram adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan aktifitas listrik diotak.

Kalau orang yang merasa mengalami gangguan tidur contohnya sering mengantuk, kemudian selesai tidur badan berasa tidak pernah segar dan badan semakin pegal, bisa karena ada gangguan jalan nafas misalnya sleep upnea, jika mengalami gangguan seperti itu sebaiknya lakukan sleep test karena gangguan tidur ini lama kelamaan akan menyebabkan banyak hal seperti metabolik dan lebih berbahayanya lagi bisa menyebabkan gangguan dipembuluh darah dikemudian hari.

Penjelasan sleep upnea adalah tidur mendengkur tapi mendengkur yang tidak biasa, ada fase kita itu tidak bisa bernafas, penyebabnya bisa karena bentuk anatomi dan obesitas, atau ada gangguan didaerah gangguan di tht.

Secara normal kalau kita tidur semua otot melemah termasuk otot disaluran nafas, yang dikhawatirkan disitu jika lidah jatuh kebelakang menyebabkan tersumbat, di fase itu kita tidak bisa untuk bernafas, jika menemukan kasus seperti itu segera dibangunin karena kita tidak tahu akan bertahan berapa lama dan masih terus terusan seperti sebaiknya lakukan sleep test.

Pesan untuk masyarakat apabila tidurnya berasa agak berlebihan.
Lihat dulu jika memang tidur berlebihan atau sering beraktifitas dimalam hari, jika malamnya sering beraktifitas dan siangnya untuk tidur bukan berarti mengalami hipersomnia, itu tidak apa, yang dimaksud hipersomnia malamnya untuk tidur siangnya juga untuk tidur.

Sebaiknya bawa kedokter juga karena kita harus lihat secara di laboratorium apa sih yang salah, tapi sebelum mencapai kita kedokter kita lihat dulu aktifitas harian kita sudah benar atau belum dan makan makanan,  jika kebanyakan makan karbohidrat memang cenderung mengantuk karena karbohidrat itu akan mencetuskan suatu zat di otak yang serotonin, membuat orang cenderung ngantuk dan lebih rileks.


1 Response to " Penyebab ngantuk terus lemes pusing setiap hari"

  1. terimaksih atas informasinya sangat membantu sekali dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com

    BalasPadam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel