Penyebab gejala dan pengobatan penyakit Batu Empedu

Penyebab gejala dan pengobatan penyakit Batu Empedu
Nikmatnya hidangan berbagai daging yang kaya akan lemak sudah pasti rasanya terasa gurih dan nikmat sehingga membuat nafsu makan anda akan bertambah, namun patut anda ketahui terlalu banyak mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak tinggi bisa memicu terjadinya pengerasan cairan empedu berbentuk krikil yang biasa disebut dengan batu empedu atau dengan istilah medis biasa disebut kaliliasis yang menyebabkan perut bagian kanan sering terasa sakit karena tersumbatnya saluran empedu.

letaknya cenderung sebelah kanan atas, diantara hati ada suatu kantong yang sering sebut kantong empedu, jadi fungsi kantongnya itu menghasilkan cairan yang mengamosilkan atau memetaboliskan lemak yang dimakan, jadi kalau kita ada makan makanan yang berlemak diolah cairan empedu, kalo tidak menghasilkan cairan yang cukup, lemak yang dimakan tidak dicerna dengan baik sehingga itu akan mengumpul diperedaran darah, dan bisa menghasilkan batu juga.

Sumber batu empedu sering terjadi karena kolesterol, maka disarankan tidak makan kolesterol teralu banyak itu akan menjadi bahan dasar terbentuknya, dan paling banyak delapan puluh persen terbentuk karena kolesterol, tidak hanya terbentuk itu saja ada juga dari kalsium kemudian pigmen dirubin, hal tersebut jarang.


Mitos atau fakta mengenai batu empedu

  1. Obat obatan diet sebabkan terjadinya batu empedu, sebenarnya yang hanya menyebabkan bukan obat obatan diet, memang ada beberapa obat, misalnya, justru bukan dari obat diet malah obat dari kolesterol yang sering disebut dengan tibra beberapa jurnal mengatakan bisa menyebabkan kolesterol, kemudian obat yang mengandung esterogen, esterogen adalah adalah hormon yang berhubungan kewanitaan.
  2. Makan apel dapat membersihkan batu empedu, kandungannya tidak ada istilah untuk membersihkan karena tersembunyi dan tidak bisa keluar, kalau bisa keluar batu batunya kecil sekali kaya pasir bisa keluar lewat salurannya, bukan berarti makan apel terus membersihkan.
Cara untuk terhindar batu empedu
Selain untuk menghindari makanan yang berlemak, yang paling sulit untuk menghindar adalah karena faktor genetik faktor keturunan, kalau ada keluhan tidak enak diperut sekali kali kita periksa ke USG.

Cara penanganannya selain untuk dioperasi
menyarankan operasi itu baik tapi kalau tidak perlu jangan, karena tindakan operasi dalam menghilangkan kantong kantongnya dibuang bukan batunya saja yang dibuang, sekian artikel Penyebab gejala dan pengobatan penyakit Batu Empedu semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab gejala dan pengobatan penyakit Batu Empedu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel