Kadar gula dalam Nasi panas lebih tinggi memicu Diabetes

Kadar gula dalam Nasi panas lebih tinggi memicu Diabetes
Makan dengan lauk yang lezat dinikmati dengan sepiring nasi panas pasti akan terasa istimewa
saking nikmatnya makan dengan nasi panas disertai dengan lauk yang sedap membuat kita tanpa menyadari akan tambah, dan tambah lagi, namun dibalik kelezatannya nasi yang disajikan selagi panas ternyata berdampak kurang baik untuk kesehatan karena karbohidratnya yang sangat tinggi dibandingkan dengan nasi dingin.

Kadar glukosa yang masuk dalam tubuh sangat tinggi lalu benarkah dengan konsumsi nasi panas dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes.

Sehat tidaknya mengenai nasi panas, dan nasi dingin lebih sehat.
Jadi kita harus mengenali dulu nasi dingin itu seperti apa, kalau nasi yang masih diangkat dan beruap
kita sebut dengan nasi panas, sedangkan nasi yang sudah ditaro dimeja sebetulnya kita namakan nasi dingin, tapi ada sesuatu sebenarnya, bagaimana kita memanfaatkan nasi dingin supaya kita sehat itu yang penting.

Kalo kita bandingkan nasi panas dengan nasi dingin terhadap efek kedalam tubuh, tidak terlalu berbeda bermakna.

Mengungkap mitos atau fakta mengenai nasi panas.
  • Nasi panas mengandung lebih banyak karbohidrat, itu adalah mitos, jadi baik nasi panas atau dingin itu sama karbohidratnya, tapi ada sesuatu yang berbeda, ternyata kalau nasi yang dingin dalam artinya nasinya kita masukkan kedalam lemari es dua puluh empat jam, itu bisa menurunkan lebih kadar gula darah, bisa menurunkan kadar indexs glikemiknnya, indexs glikemik adalah suatu makanan merespon makanan tersebut terhadap peningkatan gula darah, jadi semakin tinggi indexs glikemik maka semakin meningkatkan gula darah yang mana itu tidak bagus dan nasi yang putih termasuk nilai indexs glikemik yang tinggi, jadi yang membedakan jenis nasinya mungkin jika dibandingkan dengan beras merah ataupun beras hitam.
  • Nasi panas penyebab diabetes, semakin banyak mengkonsumsi nasi itu akan semakin meningkatkan nilai indexs glikemiknya semakin tinggi semakin banyaknya itu akan meningkatkan kadar gula kita, jadi tergantung berapa banyak, jadi ada penelitian sebenarnya, berapa banyak sih yang akan meningkatkan kadar gula darah, dibandingkan orang yang makan tiga ratus gram itu kurang lebih satu gramnya, kurang lebih tujuh sampai delapan sendok makan, dengan dua ratus gram, ternyata yang makan tiga ratus gram lebih centerung delapan puluh kali lebih cepat bikin diabetes.
Jadi selain jumlahnya ternyata kalo nasi lebih hanyak lebih tinggi indexs glikemiknya, kalau seperti itu untuk indexs glikemik tidak terlalu berpengaruh kalo nasi yang baru diangkat sama nasi yang didiamkan selama sepuluh menit, yang berbeda kalo nasi tersebut masukan ke kulkas dulu, karena didalam kulkas tersebut tadi selama dua puluh empat jam itu akan terbentuk delatin yang susah untuk diserap.

  • Uap nasi panas dapat menyembuhkan jerawat dan mengecilkan pori pori wajah, mungkin mitos ini atas dasar uap yang akan membuka pori pori dan setelah kita tutup lagi pori pori akan menutup kecil kembali, untuk nasi sendiri memang banyak salenium, untuk wajah bagus sekali kemudian ada vitamin b nya bagus untuk kulit, tetapi zat yang tadi tidak bisa ngikut dalam uap air, dan tidak berefek.
  • Nasi panas memiliki kadar gula yang tinggi, memang sedikit meningkat tapi tidak berbeda makna, karena kalo kita langsung makan, yang jadi jeleknya adalah kalo makan nasi masih panas lebih akan memacu rasa lapar kita, dan ingin menambah terus, karena ketika menghirup bau nasi secara langsung hormon lapar akan meningkat, dan satu untuk membedakan nasi panas cenderung lebih lunak dan mengunyah lebih sedikit, sedikitnya juga akan meransang nafsu makan.
  • Nasi panas dapat membuat tubuh lebih gemuk, nasi panas memang merangsang lebih banyak dan peningkatan nafsu makannya, ada salah satu menyatakan bahwa nasi yang sifatnya panas kalau dicerna akan lebih cepat dibanding nasi dingin, walaupun tidak secara bermakna, penelitiannya juga masih banyak pro dan kontranya, kita harus lebih teliti, semakin cepat karbohidrat diserap contohnya bubur otomatis serap kadar glukosanya lebih cepat.
  • Nasi panas menyimpan lebih banyak kalori, nasi panas kaloinya sama, jadi dalam seratus gram nasi ada seratus tujuh puluh lima kalori, jadi jumlah kalori itu kalau kita bandingkan satu piring nasi, kita disarankan makan lima ratus kalori, itu lebih sepertiganya dari nasi.
Apa adakah kandungan serat, tidak ada perbandingannya.
Apakah ada manfaatnya jika makan nasi kita tambahkan minyak, karena indexs glikemiknya tinggi sekitar tujuh puluh, kalau kita campurkan dengan yang lain indexs glikemiknya akan turun, dan yang paling bagus minyak yang digunakan pakai minyak kelapa, dan ada penelitiannya satu sendok teh minyak kelapa dicampur dengan satu cup gelas, dimasak itu menurunkan sampai lima puluh enam puluh persen kalori.

Nasi yang dipanaskan dengan magic com akan memicu penyakit kanker, jadi untuk penyakit kanker dekat dengan yang namanya glukosa, glukosa adalah kandungan dalam nasi putih, semakin banyak memakan glukosa.


Tips dokter mengenai makan nasi.
  • Jenis dari nasi, jadi kalau kita memungkinkan  mengubah jenis nasinya menjadi beras merah atau beras coklat.
  • Jumlahnya, jumlahnya dianjurkan sekali makan hanya lima atau enam sendok, dan sisanya kita isi dengan sayuran.
  • Kita boleh memakan langsung, tetapi lebih baik lagi kalau kita biarkan sebentar selama kurang lebih lima belas menit, agak sedikit mengeras, jadi kalau kita makan nguyahkan lebih lama.

0 Response to "Kadar gula dalam Nasi panas lebih tinggi memicu Diabetes"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel