Minum susu sebabkan kegemukan Mitos atau Fakta

Minum susu sebabkan kegemukan Mitos atau Fakta
Susu adalah salah satu jenis minuman sehat dan paling disukai karena mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, magnesium, zat besi dan lainnya. Besarnya manfaat yang bisa didapat dari segelas susu selain baik untuk dikonsumsi anak pada masa pertumbuhan, susu juga baik bagi kesehatan ibu hamil, ibu menyusui juga manula dalam mencegah kepadatan tulang.

Campuran susu pun banyak berubah diberi penambah perasa seperti coklat dan beragam jenis buah untuk memberi sensasi yang berbeda, bahkan tidak sedikit disebuah tempat makan yang menyediakan berbagai rasa.

Banyak sekali olahan dari susu seperti es krim ataupun yogurt, meskipun memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh namun tidak sedikit pula yang takut minum susu karena ada kandungan lemak
yang bisa membuat gemuk.

Mitos dan fakta mengenai susu

  • Ada yang beranggapan takut minum susu itu bikin gemuk, Sebenarnya gemuk atau tidaknya itu tergantung dari jumlah kalori harian yang masuk jadi minum susu berlebihan tidak membuat seseorang jadi gemuk atau gendut.
  • Hanya untuk masa pertumbuhan, itu sebenarnya tidak benar, karena kalau susu itu bagus untuk semua usia karena dari kandungannya seperti kalsium, vitamin A,B,D, magnesium, dan masih banyak lagi  kandungannya, ada juga dan ada susu yang tinggi kalsium biasa tidak perlu sampai tiga gelas jadi dengan dosis yang lebih kecil itu sudah mencapai kebutuhan harian.

Untuk orang dewasa asupan minum susu berapa agar tidak terjadi, jadi atas batas rekomendasi harian sekitar ada yang bilang dua sampai tiga dan ada juga yang menyarankan dari American Of Assosiation tiga sampai empat gelas, jadi untuk itu kita ambil nilai tengahnya saja yaitu tiga gelas, masih aman jika lebih dari itu tidak disarankan, 

Susu ada yang full cream, low fat, skeam, jadi kita mengenal dulu ketiganya, kalau yang full cream itu lemaknya sekitar tiga koma lima persen pergelasnya, dan yang low fat itu rendah lemak dua persen, kalau yang skeam nol koma dua, jadi untuk usia dewasa sebaiknya yang skeam.
  • Dapat menguatkan tulang, itu fakta karena ada kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu sangat banyak dan satu gelasnya itu sudah mengandung kalsium yang setara dengan kebutuhan energi harian kita sekitar sepertiga.
  • Untuk ibu hamil sebaiknya minum susu bubuk, apakah benar, jadi sebenarnya itu adalah mitos karena baik yang bubuk maupun cair itu sama baiknya tapi memang alangkah baiknya lagi kalau setelah membeli kita lihat dulu dari segi nutrisi infeknya, ada kandungan apa yang terdapat didalamnya lebih lengkap yang mana kandungannya.
  • Hanya susu murni putih yang baik untuk tubuh, itu mitos karena isi kandungannya sendiri, walaupun ada campuran coklat, strawberri dan rasa lainnya, kandungannya tetap sama, tapi memang kalau ada rasanya biasanya ditambahkan gula yang lebih banyak.
  • Tidak boleh minum susu berbarengan dangan minum obat, itu fakta karena ada beberapa obat tertentu terutama antibiotik, karena berkompetisi dengan susu masuk kedalam badan dan untuk asumsinya jadi terhambat dan obat tidak maksimal ke dalam tubuh.
Ada lagi juga yang tidak menyukai susu bukan karena gemuk tapi karena alergi biasanya berdampak diare sering buang air besar dan bikin begah, jadi kalau sudah ada keluhan begitu jangan dipaksakan, gantikan dengan sumber yang lain.

  • Minum sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, ini fakta karena didalam susu mengandung asam amino mengeluarkan serotonin dan merotonin yang mengatur siklus tidur kita, dan bagi yang susah tidur atau insomnia bisa disarankan, malam hari pakai susu hangat.
  • Susu bisa menggantikan makanan rutin yang dikonsumsi setiap hari, mitos karena walaupun kandungan gizinya bagus tapi sifatnya hanya pelengkap jadi disarankan tetap makan makanan utama yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan bentuknya pun makanan padat.

0 Response to "Minum susu sebabkan kegemukan Mitos atau Fakta"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel