Mengobati gejala penyakit gondongan pada anak ampuh

mengobati gejala penyakit gondongan pada anak ampuh
Anda pasti tidak asing dengan gondok atau gondongan dari namanya terlihat sama, namun gondongan dan gondok adalah dua penyakit yang berbeda, apabila gondok terjadi karna seseorang kekurangan yodium dan gondongan karena disebabkan virus pharamiksovirus yang menyebabkan sisi wajah penderita terlihat seperti membesar.

Penyakit yang banyak umumnya menyerang anak anak, gejalanya yang hampir mirip seperti flu, meskipun tergolong bukan penyakit serius namun bila tidak ditangani dengan cepat, virus gondongan dapat menyebar keseluruh organ tubuh yang menyebabkan beberapa komplikasi penyakit organ tubuh lain seperti pembengkakan hidung telur hingga radang otak, lalu apa dan bagaimana pencegahan yang dapat dilakukan.

Sebetulnya gondongan itu apa sih dan gejalanya apa saja.
Penyakit gondongan itu menyerang kelenjar liur namanya, kelenjar liur itu adanya didepan kuping kita, Sebenarnya setiap orang memiliki kelenjar liur sebelah kiri dan kanan yang besar namanya parotis, gondongan itu menyerang penyakit menyerang kelenjar liur yang besar, dengan namanya parotis kalo secara medis biasa menyebutkan parotitis, parotitis itu radang. Karna kejadiannya kadang kadang kalo satu orang terkena nular  satu sekolah ada beberapa anak yang kena, jadi mudah sekali menular dan menyebarnya cepat, virusnya satu kelompok sama flu penularannya mirip seperti influensa. Kesimpulannya jangan bersin sama meludah sembarangan.




Gejala gejala virus
Gejala infeksi virus itu kan seperti demam, gejala yang khas dari gondongan, jadi gejalanya ada yang khas dan tidak khas, gejala tidak khas sama seperti flu meriang greges badannya tidak enak dan sakit kepala sampai demam, ini sejak terkena virus perlu waktu sekitar dua minggu jadi tidak langsung setelah dua minggu gejala muncul seperti demam, dan setelah itu timbulnya gejala khas karena kelenjar air liur yang kena yang keluar adalah bengkak, sering berasa seperti buang flu saja tapi lama lama makin nyeri, setelah nyeri kemudian bengkak dan memerah itu terasa diawal kemudian nanti kalau ngunyah semakin sakit.


Mitos yang berkembang dimasyarakat mengenai gondongan

Biasanya kalau lagi gondongan diolesi blao bisa sembuh?

Blao sudah ada dizaman lama, orang merasa kondongan ini obatnya pakai blao, jadi sebetulnya ada benarnya dan kalau terkena gondongan dianjurkan dikompres pake air hangat untuk mengurangi radang dan aliran darahnya. Tetapi tidak harus blao jadi sebetulnya pakai kain air hangat tidak apa. Kesimpulannya gondongan kan terkena virus sampai hari ini virus susah diobati jadi tidak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan gondongan, dan para dokter sering menyebutkan penyakit akan sembuh sendiri, kalau badannya kuat sembuhnya bakalan cepat.

Gondongan hanya menyerang anak anak saja, apakah benar?
Kondongan memang lebih banyak menyerang anak anak dan sebetulnya bisa menyerang orang dewasa, semuar umur bisa bahkan sering pada anak gejalanya tidak terlalu nyata, pada orang dewasa bisa muncul gejala sampai komlikasi.

Dan berbedaan gejalanya apa?

Gejala yang nyata itukan misalnya nyeri kemudian demam, dan yang kita khawatirkan komplikasi, komplikasi pada dewasa lebih bisa muncul, contohnya yang sering bicarakan, orang yang terkena gondongan nanti mandul, sebetulnya bukan mandulnya tapi gondongan itu bisa bikin orsitis, orsitis itu radang ditestis atau radang didaerah kandungan, tapi memang kejadian mandul sebetulnya tidak terlalu banyak tapi orang menjadi takut bisa terjadi orsitis.

Kalau ibu sedang hamil apakah akan mempengaruhi janin yang ada dikandungannya?
Sebenarnya janin itu tidak terlalu bermasalah, yang dikhawatirkan biasanya adalah komplikasi yang lain, karena komplikasinya bisa luas.

Cara yang dilakukan ketika terkena penyakit gondongan
  • Memperkuat daya tahan dan dianjurkan untuk beristirahat jangan keluyuran, ada keuntungan dalam beristirahat, penyembuhannya lebih cepat dan tidak menularkan penyakit kemana mana. 
  • Menjaga gizi makanan, konon karena gondonan jadi malas makan, pahit. dan dipesankan agar menjaga cairan, kalau makan nasi, bubur, tidak bisa jangan dipaksa, minum saja sudah.

Cara pengobatan apakah harus dirumah atau dirumah sakit?

Sebetulnya tidak harus dirawat dirumah sakit tapi, dianjurkan jangan keluar harus diisolasi.

Kesimpulan dari artikel ini adalah gondongan yang disebabkan oleh virus dan bisa disembuhkan sendiri, kalau sudah terkena gondongan maka tentunya akan istirahat, memenuhi kebutuhan cairan, makan makanan bergizi dan tentunya yang lebih baik adalah vaksinasi ketika berusia satu tahun, dan makanya oleh karena itu penting untuk menjalankan pola hidup sehat, kalau terkena gondongan jangan galau, demikian Cara Mengobati Penyakit Gondongan, terima kasih sudah berkunjung.


0 Response to "Mengobati gejala penyakit gondongan pada anak ampuh"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel