Membantu mengatasi gangguan kecemasan menyeluruh

Siapa yang tidak pernah merasakan cemas atau panik selama hidupnya, dan itu adalah reaksi normal yang dirasakan seseorang saat menghadapi suatu masalah yang cukup pelik atau saat dihadapkan pada satu pilihan, dimana ia akan merasakan rasa ketakutan setiap saat dan tidak merasa percaya diri.

Namun ternyata kepanikan dan juga rasa cemas berlebih bisa cukup mengganggu hidup seseorang bila dirasakan secara terus menerus, dan menjadi sebuah penyakit mental serius yang harus segera ditangani.

Cemas seperti apasih yang harus dikhawatirkan.
Segala sesuatu yang disebut biasa nanti lama lama kalau kita tidak bisa kontrol jadi bahaya dimulai
sejak kecil suka cemas itu bisa mengubah pada karakter seseorang.

Membedakan cemas yang biasa dan tidak biasa.
Kita biasanya dimulai kalau ada ketakutan, itu bisa mengubah biokimia pada tubuh, makanya terkadang kalau sudah cemas suka sakit perut atau keluar keringat dingin dan lain, seseorang yang bisa menghadapi cemas ini sangat menentukan kedamaian hati dan kesehatan jiwanya.

Ciri kalau sedang cemas

  • Mengalami deg degan dan gelisah, kalau pikiran tidak ada solusinya punya masalah, itu kecemasan bisa berhari hari dan mengganggu pola tidur dan harus anda ketahui mengenai cara agar tidur yang baik dan berkualitas, jadi merupakan respon alami dari tubuh tapi kalau terjadinya lebih lama kita harus waspada.

Penyebab.
  1. Pendalaman masa lalu yang dramatis, artinya segala hal yang ketakutan pada masa depan dan masa lalu bisa sebagai pemicunya.
  2. Kecenderungan diwariskan atau genetik, ada yang dikatakan genetik, asuparenting, misalnya ibunya dan anak sama merasakan.
  3. Orang tua yang sering cemas super protectiv kepada anaknya itu bisa jadi memicu, dan over disiplin, artinya sangat terlalu proveksionis, makanya hati hati juga menjadi orang tua.
  4. Perubahan kimia otak (neurotransmitter), jadi sel otak itu berkomunikasi antara satu sel dengan miliaran sel lainnya menggunakan zat kimia, ketika ada gangguan otomatis zat kimianya akan terganggu dan ketika terjadi kecemasan yang kita pikirkan sebenarnya ada dua, yang pertama adalah apakah ada kelainan organik atau secara anatomi memang terjadi masalah pada otak, yang kedua kelainan organiknya mungkin tidak ada cenderung kearah kelainan sikologis.
  5. Sensitif terhadap karbon monoksida, sudah dikatakan cemas dipicu karena ketakutan, rasa takut itu ada yang rasional dan irasional, contoh irasional itu ketakutan yang biasanya kebanyakan orang takuti, misal kita melihat sesosok hantu, kebanyakan orang pasti takut dengan itu, dan rasional itu kebalikannya, tidak banyak ditakuti semua orang.
  6. Terlalu fokus pada gejala fisik kecil dan terlalu mempercayai bahwa hal tersebut akan semakin parah disebut pemikiran katastropik, jadi dalam pemikiran kita itu ada apa yang kita pikirkan kedepan terjadi saat itu, individu tidak pernah bisa membedakan mana yang benar dan salah, disitu mulai memiliki pemikiran dan keputusan dalam memcari solusi, dalam masalah itu juga kita katakan tidak clear, jadi singkatnya semua berawal dari pemikiran dan ketika cemas akan timbul reaksi kimia.
Yang terjadi ketika diotak.
Ada suatu tempat kecil diotak disebut amygdala, fungsinya suatu limbik sistem yang terkait dengan emosi seseorang kemudian untuk mengatur ketakutan, emosional memory contohnya pengalaman traomatis, jadi semacam stress meter, kalau agak spanneng akan terus naik itu akan memicu kecemasan, tapi bisa rileks kembali, dan ini mengandung multifaktor, yang namanya kita cemas karena adanya pencetus contohnya stresor yang mebuat stres, tapi tidak semua orang terpapar menjadi stres, ketika orang terpapar dengan stresor dan tidak bisa untuk mengontrol itu disebut namanya bistres atau terganggu, ini yang akan mengakibatkan gangguan, gangguan ini bisa ditangani atau tidak semua tergantung dari saraf organiknya terganggu atau tidak dan secara sikologis pola dari asuh kecilnya tadi.

gangguan anatomis yang bisa sebabkan kecemasan, penanganannya berbeda kita harus memperbaiki dulu kelainannya tersebut, contoh pada orang paska benturan didaerah samping kepala yang tidak jauh amygdala, bisa beberapa saat akan mengalami perubahan perilaku sejak jatuh dari motor, sekarang jadi agak parno atau macam segalanya, itu tidak tampak kelainan tapi dari cara selular berubah.

terkait serangan panik biasanya sering pada perempuan yang usia muda, yang namanya sindroma hypersentilasi dimana jika terjadi ada pencetus akan bernafas lebih cepat dan dalam dan mengakibatkan kadar oksigen didalam darah menjadi lebih tinggi, akan menyebabkan pembuluh darah yang ada diotak menjadi kecil sehingga aliran darah otak berulang dan ada juga terkait karena hormonal dan juga kadar kalsium.

Cara untuk penanganannya.
Caranya sering disebut dengan pranayana, adalah mengontrol pernafasan, kenapa karena ketika
mengontrol pernafasan dan oksigen yang masuk dan keluar dengan teratur, otomatis detak jantung kita dan proses biokimia akan lebih stabil.

0 Response to "Membantu mengatasi gangguan kecemasan menyeluruh"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel