Manfaat Sirsak Mengobati beragam berbagai Penyakit

manfaat sirsak mengobati beragam berbagai penyakit
Pada dasarnya tanaman buah sirsak bukan tumbuhan asli indonesia namun iklim tropis yang dimiliki diindonesia, menjadikan buah sirsak dapat tumbuh dan berkembang diberbagai provinsi diindonesia, dibalik rasa yang enak manis asam dan segar, dipercaya buah ini mengandung manfaat yang luar biasa, diantaranya bisa mengobati beragam berbagai penyakit.

Bahkan sebagian dari masyarakat menganggap bahwa sirsak adalah makanan kesukaan para dewa, sehingga  untuk memetiknya pun tidak boleh sembarangan, tidak hanya itu daun dari pohon sirsak pun diyakini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan serta pengobatan, benarkah demikian simak pembahasannya berikut ini.

Khasiat atau manfaat jika kita konsumsi buah Sirsak
Yang pertama sangat baik sekali untuk pencernaan kita, mengandung banyak serat sehingga melancarkan buang air besar atau mencegah terjadinya sembelit.

Mitos atau Fakta mengenai buah sirsak
  • Hanya melancarkan buang air besar tapi ternyata bisa melancarkan buang air kecil, karena buah sirsak banyak mengandung air jadi kalau kita jus airnya juga tambah banyak, dan bisa melancarkan buang air kecil.
  • Menjaga kesehatan tulang, karena juga mengandung beberapa vitamin minerl, mineralnya itu seperti magnesium yang penting untuk menjaga agar tulang sehat selain kalsium, ada tambahan juga tembaga itu juga membantu membantu membentuk tulang yang kuat.
  • Meredakan migrain, ini memang buah sirsak digunakan diberbagai negara seperti di Afrika digunakan untuk terapi migrain sakit kepala, tapi itu apakah terbukti secara ilmiah, sampai sekarang belum ada data yang membuktikan, tapi kalau mau mencoba boleh saja.
  • Dapat meningkatkan energi, sebetulnya buah sirsak ini cukup rendah kalori dan sangat bagus untuk yang ingin menurunkan berat badan, pada umumnya dikonsumsi jangan lebih dari satu atau makan satu tiap hari dalam waktu satu tahun dapat menyebabkan toksisitas dan jangan makan macam satu sirsak terus tapi dikombinasikan dengan buah lain.
  • Pencegah anemia atau kurang darah, Anemia bisa kurang darah tapi bisa juga disebabkan kekurangan zat besi, sirsak mengandung sedikit zat bisa juga jadi memang bisa digunakan untuk penambah asupan zat besi, ada juga mengandung vitamin C, itu membantu merubah zat besi dari FE3+ menjadi FE2+, jadi kalau kita makan sayur sayuran, kan ada mitosnya seperti popeye makan bayam menjadi kuat, itukan darahnya menjadi bertambah kandungan zat besi tinggi dibayam itu ternyata zat besinya dalam bentuk FE3+ yang akan sulit diserap dan yang paling mudah diserap itu FE2+, dengan mengkonsumsi sirsak yang mengandung vitamin C bersama dengan serat makanan sayuran maka FE3+ diproduksi menjadi FE2+ sehingga mudah diserap.

Untuk mengkonsumsi buah sirsak apakah sebaiknya makan secara langsung atau di jus
Jadi sebaiknya dikonsumsi secara langsung paling sehat, karena jika kita mengunyah seratnya masuk semua, dengan mengunyah jadi cepat kenyang, kalau yang kegemukan tentu tidak baik mengkonsumsi jus, karena kalau dijus tidak perlu mengunyah, tapi jus itu ada dua macam, yang ampasnya dibuang dan diblender dan seharusnya pilih yang diblender supaya masih ada seratnya untuk membantu kesehatan buang air besar.


Baik tidak dikonsumsi untuk penderita diabetes
Memang buah sirsak digunakan juga sebagai terapi untuk diabetes, dikatakan bahwa menurunkan gula darahnya dengan cara menjaga fungsi sel sel denta penghasil insulin dipankreas jadi ada bagusnya juga mengkonsumsi sirsak selama gula yang digunakan tidak menggunakan gula biasa dan sebaiknya menggunakan gula diet.

Makan buah sirsak bisa sebabkan kanker, apakah benar?
Sebetulnya ada zat anti kanker pada buah sirsak yaitu bermacam macam antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas ditubuh kita, radikal bebas yang terlalu banyak itu juga akan memacu untuk merubah penyakit metabolik dan memacu timbulnya kanker, jadi malahan jika kita makan buah buahan apapun termasuk buah sirsak yang mengandung anti oksidan, dia mampu untuk menjaga supaya mencegah kita mendapatkan kanker tapi kalau kebanyakan itu efek sampingnya kearah saraf timbul tremor seperti penyakit parkitston.

Manfaat sirsak bukan hanya buahnya saja, bahwa daunnya juga ada manfaatnya seperti mencegah kanker Banyak penelitian membuktikan bahwa daunnya mampu meredam perkembangan biakan sel kanker bahkan mematikan  sel kanker dilaboratorium, seperti jenis kanker di payudara, di usus besar pada tikus, ada juga sel kanker prostat, ternyata semua dapat dihambat bertumbuhannya oleh ekstrak dari daunnya.

Apa penyebabnya daun sirsak begitu sakti untuk meredambiakan dan membunuh sel kanker, itu karena adanya kandungan asetogenin didalam daun tersebut, itu terbukti penelitian dilaboratorium, pada manusia belum ada buktinya, walaupun sekarang ada ekstrakannya dalam bentuk kapsul bisa dikonsumsi katanya.

Mitos atau fakta mengenai daun sirsak
  • Untuk mengobati asam urat, katanya memang demikian tapi itu digunakan dinegara negara seperti afrika, disana juga banyak pohon sirsak, sehingga sering digunakan untuk terapi berbagai jenis penyakit diantaranya asam urat, tapi diindonesia tidak populer dan itu masih dalam penelitian, apakah efektif untuk menyembuhkan asam urat.
  • Untuk mengobati penyakit ginjal, kita harus hati hati mitosnya demikian bisa mengobati penyakit ginjal tapi banyak hal yang diketahui tentang daun sirsak, apakah juga mengandung senyawa beracun untuk ginjal, jadi kita jangan terlalu banyak mengkonsumsi hal yang belum jelas manfaatnya, seperti dulu pernah terkenal buah noni, ternyata buah racun untuk ginjal, tapi kita harus berhati apakah daun sirsak untuk ginjal, sampai sekarang belum jelas.
Untuk memanfaatkan daun sirsak menurut penelitian ada dua macam cara mengekstraksi kesatu dengan menggunakan  epanol asetat itu caranya daun dihancurkan terus keringkan kemudian dikasih epanol asetat biarkan tiga hari tiga malam pada suhu tertentu, sehingga epanol asetat menguap, kemudian disaring, dibiarkan tiga hari tiga malam dan yang bubuknya dibuat sebagai obat.

Ada juga diekstraksi dengan cara basah yaitu dihancurkan dan direbus dengan air, daun sisanya dibuang, kemudian disaring dan dikeringkan juga dapatkan endapan yang berupa bubuk dari ekstrak daun tersebut.

Mengkombinasikan antara pengobatan kanker yang secara kimiawi dengan daun sirsak, apakah ini diberbolehkan?
Kita harus berhati seperti jamu daun sirsak itu kalau digabung dengan obat kedokteran yang biasa, itu bisa timbul interaksi obat, takutnya nanti malahan membuat obat tersebut menjadi beracun, efek samping yang berlebihan jika dikombinasikan.

Apakah benar daun sirsak dapat membunuh tumor otak
sampai sekarang belum begitu jelas apakah ada, menembus saluran otak sehingga membunuh sel kanker diotak kita, belum ada penelitiannya.

Dan terakhir kita harus menyikapi info yang banyak seperti di media masa, maupun di online bahwa daun sirsak itu tidad menyembuhkan berbagai jenis penyakit, demikian Manfaat Sirsak Mengobati beragam berbagai Penyakit, Terima telah berkunjung

0 Response to "Manfaat Sirsak Mengobati beragam berbagai Penyakit"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel