Manfaat dan bahaya makan sambal sambalado

manfaat dan bahaya makan sambal sambalado
Makanan dengan cita rasa pedas memang jadi favorit hampir sebagian besar masyarakat indonesia, tidak sedikit orang yang menyukai makanan pedas dengan beragam alasan, namun tidak sedikit pula yang percaya bahwa makanan pedas berefek buruk bagi tubuh.

Bagi para pecinta makanan pedas, hidup terasa kurang lengkap kalo menyantap lauk pauk tanpa sambal sambalado untuk teman makan sampai berkeringat, memanglah lezat dan membuat ketagihan tapi ingat untuk mengkonsumsinya tidak secara berlebihan, bisa bisa malah merusak kesehatan anda, agar tidak keliru dalam mengartikan, cari tahu manfaat dan bahayanya.

Bahaya tidak sih kalo kita konsumsi makanan pedas?
Pada intinya sebetulnya aman untuk dikonsumsi, sejauh memang kita tidak sensitif terhadap bumbunya, biasanya pedas itu kan terbuat dari cabe dan juga bisa ditambah jahe dan lain lain, makan makanan pedas itu bisa menimbulkan menstimulasikan reseptor di saluran cerna kita, jadi biasannya didalam cabe ada satu zat namanya kapsaitin yang bisa menstimulasikan reseptor di saluran pencernaan.

Mitos mengenai tentang cabe 

  • Cabe menyebabkan mati rasa, mungkin karena saking pedasnya hingga menimbulkan rasa tajam, sehingga rasanya seperti mematikan sensasi rasa yang lain.
  • Menghentikan pendarahan.
  • Bisa membuat usus buntu.
  • Cabe dapat penikmatnya jadi ketagihan, Ini ada benarnya, memang orang terbiasa lidahnya dengan sensasi tajam dan rasanya ingin nagih.
  • Konsumsi cabe bagi ibu hamil dapat menyebabkan persalinan prematur, sebenarnya kalo prematur itu sebagian besar disebabkan oleh faktor infeksi dimasa kehamilan dan tidak ada hubungannya.
  • Bantu bisa bakar lemak tubuh turunkan berat badan, ini hasil pnelitiannya tidak konsisten, memang ada penelitian yang bilang kita menurunkan nafsu makan sehingga dapat menurun obesitas tapi ada penelitian juga  justru karena cabe itu kan enak, cenderung orang malah nambah nafsu makan.
  • Dapat menimbulkan jerawat, jadi sebetulnya yang menyebabkan jerawat kalo berhubungan dengan berminyak.
  • Menyebabkan sariawan, penyebab sariawan itu banyak kali, mulai dari kekurangan zat gizi dan macam macam salah satunya vitamin b dan c, jadi bukan karena makan pedas sambal sambalado.
  • Menyebabkan sakit perut.
  • makan pedas dapat memicu wasir, Jadi begini sebetulnya kalau wasir itu makan makanan yang lebih dianjurkan yang tinggi serat dan sayuran harus cukup supaya tinja bab nya tidak keras tapi kalau makan pedas sebetulnya tidak ada hubungan langsung ke penyebab wasir ini, dan hubungan tidak langsung bisa saja jadi untuk orang orang yang sensitif bisa timbul reaksi mulai dari sakit perut, kwmbung, sampai bab nya lebih cair.
  • Rasa asi bisa pedas jika ibunya makan pedas, memang ada beberapa yang sensitif bagi bayinya.
Ternyata cabe ada manfaatnya untuk menangkal radikal bebas, dan bukan karena cabe saja tapi banyak faktor lain, cabe kalau dilihat dari segi nutrisinya itu memang mengandung vitamin kemudian ada seratnya dan mineral mineral lainnya, tapi karena cabe kita konsumsi sedikit maka efek rasanya tidak jadi sektifikan terhadap kesehatan.

Apakah benar cabe ini, kalau dimakan ada bijinya bisa menyebabkan usus buntu?
Baca postingan berikutnya : Cara mencegah dan mengobati usus buntu penyebab makanan


0 Response to "Manfaat dan bahaya makan sambal sambalado"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel