Penggunaan Antibiotik yang Tepat dan Rasional

cara penggunaan antibiotik yang tepat dan secara rasional
Dalam rangka pekan antibiotik sedunia, kali ini akan membahas antibiotik secara rasional, kan banyak masyarakat yang kalau sakit langsung pakai antibiotik bahkan belinya pun tanpa resep dokter.

Sebetulnya antibiotik itu apa, dan bagaimana penggunaan yang tepat dan rasional?

Antibiotik adalah suatu obat yang berfungsi untuk membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhannya, jadi bukan untuk virus dan parasit, sementara untuk flu pilek pada umumnya itu virus dan tidak akan efektif jika penggunaan pake antibiotik malah merugikan karena jika antibiotik diminum akan memberikan dampak terhadap kuman yang ada dalam tubuh kita sendiri dalam tubuh kita ada kuman yang sebanyak komensal yang perlu memberikan dampak negatif.


Jadi memang tidak bisa sembarangan untuk penggunaan antibiotik harus tahu dulu apakah penyebabnya bakteri, pada umumnya penyebab batuk pilek adalah virus jadi tidak usah pake antibiotik.

Dampak penggunaan antibiotik
Penggunaan antibiotik yang rasional itu bukan hanya tanggung jawab dokter saja tetapi juga masyarakat kenapa, karena begini banyak nasyarakat yang mengkonsumsi antibiotik dalam praktek sehari hari dan pembelian antibiotik di warung tanpa resep dokter.


atau ada juga yang banyak seperti ini dapat obat bekas dari tetangga , terus konsumsi sendiri tanpa konsultasi dulu ke dokter sudah begitu konsumsinya on off, dosisnya salah, penggunaannya salah dan menimbulkan resistansi, dari pihak medis sendiri saat ini sudah ada peraturan menteri kesehatan yang terbitnya tahun 2015 yang bunyinya itu yang mengatur penggunaan antibiotik itu rumah sakit.

Bagaimana, sebagian masyarakat memberi antibiotik di warung tanpa resep dokter?
Jadi begini sudah dijawab yaitu resistensi, tetapi masyarakat yang membeli obatnya di warung mengobati diri sendiri seolah olah menjadi dokter sendiri sedangkan tidak punya ilmunya.

ini yang salah sekali, yang akan memberi dampak nasional dan internasional maksudnya kalau seseorang membeli sendiri tanpa diagnosa yang jelas dari dokter, kalau ujung ujungnya resistensi kuman itu malah menularkan ke orang lain dan sangat bahaya sekali, apa yang bisa dibayangkan.

Jadi yang penting sekali dari kemenkes di KPRA yang namanya komite pengendalian resistensi antimikroba, program ini penting banget dipahami masyarakat supaya kondisi resistensi banyak terjadi, karena munculnya obat baru itu bukan hal yang mudah. Menurut penelitian dan survey dan sudah banyak pada 2013 ada 700 ribu terkena resistensi.

Maka penggunaan antibiotik itu adalah suatu hal yang sangat amat berbahaya jadi jangan sampai terjadi resistensi antibiotik, antibiotik hanya untuk infeksi bakteri, semua harus ada resep dokter, demikian Penggunaan Antibiotik yang tepat dan Rasional, semoga bermanfaat

0 Response to "Penggunaan Antibiotik yang Tepat dan Rasional"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel