Cara mengatasi Penyakit yang sering Menyerang dimusim Hujan


cara mengatasi berbagai penyakit dimusim penghujan
Penyakit musim penghujan itu kebanyakan didaerah tropis sebagai contoh adalah penyakit infeksi demam berdarah, tifus dan lain-lain. Jadi di musim penghujan ini kalau kita terkena demam jangan lupa konsultasi kedokter dulu, karena kebanyakan orang indonesia meremehkan demam dan demam juga bisa sembuh sendiri hanya dengan kita beristirahat dan ada juga demam yang cukup parah sampai membutuhkan obat antibiotik.

Yang jadi permasalahan dimasyarakat kita itu banyak istilah masuk angin, panas dalam, dan sebenarnya itu mitos, dan yang ini sebenarnya dimedis kadang kala menjadi perihatin, dan katakanlah orang yang terkena demam berdarah dimusim penghujan dan kemudian bila masuk angin lalu diolesi minyak atau dikerok sampai merah merah itu malahan akan menambah penyakit baru.
 Apakah benar air hujan menyebabkan wabah penyakit?
Jadi sebenarnya bukan dari air hujan, dan penyebabnya itu seperti ini, air hujan yang menggenang kemudian air dijadikan tempat sarang nyamuk. Kalau secara medis tidak pernah menyebut sebagai penyebab penyakit. Jadi janganlah takut sama air hujan tapi yang kita takut itu disampingnya hujan seperti begitu hujan drainase kita buruk, banyak air tergenang disitu yang menjadikan sumber penyakit.


Ada sedikit beberapa mitos Hujan
  1. Air hujan yang turun pertama kali setelah kemarau dianggap mengandung sejumlah penyakit.
  2. Hujan rintik rintik lebih berbahaya dari pada hujan deras.
  3. Tidak boleh berolahraga saat musim hujan.
 Jadi untuk berolahraga dimusim hujan dimusim kemarau dibolehkan.

Apakah olahraga diet justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita?
iya,olahraga salah satu lifestyle jadi kalau kita terkena penyakit infeksi, kita mesti pikirkan tiga hal yaitu kita, lingkungan dan mikro organismenya.

Caranya meningkatkan daya tahan tubuh yaitu olahraga, makan makanan yang sehat, minum teratur istirahat cukup,dengan ini kita meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Penjelasan mengenai batuk pilek flu
Sebagian besar batuk memanglah tidak berbahaya namun amat sangatlah mengganggu, penyakit ini kerap menyerang kita yang rasanya menjadi masalah kesehatan kita yang biasa, seiring dengan hal tersebut mitos tentang batuk banyak beredar di masyarakat bahkan sering kali memunculkan kesalah pahaman. Ada baiknya anda cek mitos batuk ini mungkin saja salah satu hal yang anda yakini nyatanya salah.

Penjelasan mengenai mitos batuk Batuk yang kepanjangan terkena TBC
  • Jadi sebenarnya agak salah, batuk itu bermacam macam, batuk adalah respon alami tubuh untuk mempertahankan sistem saluran nafas salah satunya dari kuman benda asing, benda asing ini seperti kita minum terus kita keselek nah itu benda asing dan respon kita adalah batuk kemudian alergi tumor salah satu kuman infeksi.  
Batuk hanya di dapatkan oleh virus
  • Tidak, batuk itu disebabkan macam macam salah satunya infeksi virus, bakteri, iritan dan lain lain.
Penyakit infeksi TBC itu banyak jenisnya seperti TBC tulang, TBC usus, TBS paru. Tempat reseptornya itu pada seluruh tubuh kita.

Ketika batuk menggunakan anti biotik
Untuk antibiotik ketahui dulu penggunaan yang tepat dan secara rasional, bahwa tidak semua batuk itu merupakan bakteri bisa juga tadi virus, untuk virus perlu antibiotik, cuma jika batuk sudah berhari hari perlu kita ketahui kalo itu infeksi bakteri yang tandanya ada demam, pemeriksaan tampak merah, ada lendir yang  kehijauan atau kekuningan.

Ada orang bilang jika dahaknya hijau pasti perlu anti biotik dan yang masih jernih tidak perlu anti biotik.
Untuk dahak warna kuning atau hijau itu adalah sisa sisa dari bakteri, jadi tergantung juga tanpa antibiotik atau tahan tubuhnya bagus, dan kalau daya tahan tubuhnya lemah sering bedagang pulang malam itu disarankan obat kontrol dulu ke dokter untuk ditentukan mana apakah benar infeksi bakteri atau bukan.

Contoh kejadian pertama
Ada seseorang yang mengidap batuk bertahun-tahun, batuk gatal yang mengganggu terus ditenggorokan kenapa bisa bertahun-tahun karena ketika mengidap batuk, karena tidak berhenti untuk merokok.

Penjelasannya
Batuk yang sudah lama itu disarankan konsultasi dulu ke dokter, mengevaluasi, kalo disegi tht itu ada peningkatan di asam lambung, ada infeksi di paru-paru dan alergi, jadi harus dicari tahu dulu kalau memang nanti dalam pengobatan tidak ada perbaikan, baru dilakukan rongsen, kalo nanti gangguan atau kelainan, konsultasi ke dokter paru-paru atau penyakit dalam kalau untuk asam lambung kita lihat dari segi lifestylenya terutama dari makanan dan cara tidurnya juga.

Contoh kejadian kedua
Banyak banyak produk produk penahan ingus yang katanya pakai itu ingusnya bakal ketahan dan mengeluarkan secara paksa.

Penjelasannya
Obat penahan ingus ada obat minum ada obat inhaler, itu fungsinya tidak menyembuhkan tapi mengurangi gejala jadi setiap gejala pilek kita harus tahu dulu penyebabnya apa, didalam hidung itu ada kelenjar bila kita terkena virus atau bakteri maka kelenjar itu membesar membengkak, karena berusaha ketahanan tubuhnya dengan obat-obat yang tadi kelenjar itu akan mengecil dan tersumbatnya menghilang kalau penyebabnya bakteri tidak akan sembuh dan ada kembali. Dan kalau kita mengeluarkan ingus terlalu kencang nanti bisa terjadi mimisan karena pembuluh darah bisa pecah, dan ingus itu bisa masuk ke daerah sinus, sinus itu ada empat pasang ada dipipi, dahi, pangkal hidung dan belakang.

Untuk ini lagi trennya dengan melakukan cuci hidung, tapi ada produk produknya sehingga ingus bisa keluar semua.

Cara batuk yang benar agar tidak menular
Perlu dipahami bahwa batuk menular melalui udara atau aerosol, nah itu caranya keluar dari tenggorokan kita ketika batuk untuk itu harus ditahan namun saat ini banyak kesalahannya waktu menahan, bayangkan waktu kita bersalaman nanti kumannya nempel semua disitu ditangan dan akhirnya jadi penyakit, dianjurkan bahwa, disini ada etika batuk,
  1. Menahannya menggunakan bahu.
  2. Menggunakan tisu dan setelah itu tisunya langsung dibuang.
  3. Sering sering cuci tangan, karena kuman itu pasti nempel ditangan kita (apalagi yang punya anak atau adek bayi gampang tertular).
  4. Pakai masker ketika sakit.
Makanan yang sangat mempengaruhi batuk
Banyak makan makan gorengan itu sangat berpengaruh, bahwa ditubuh kita ada selaput lendir atau fosilia yang fungsinya menangkap kuman-kuman, dan ketika kita makan makanan pedas, gorengan atau merokok. Itu membuat kerja selaput  lendir teranggu sehingga membuat kuman bebas masuk dalam tubuh kita, dan sama juga jika kita meminum air dingin.

Batuk alergi
Biasanya ada riwayat tiap pagi suka bersin bersin, jadi kalo bentuk alergi biasanya ada diriwayat itu.

Makan makanan yang akan menjaga kekebalan tubuh kita

  1. Jahe bisa melegakkan tenggorokan, suatu sensasi, secara medis belum tentu terbukti benar, bahwa beberapa kasus bikin kembung, jadi hati-hati juga dalam mengonsumsi jahe.
  2. Kayu manis, ada beberapa penelitian tentang kayu manis, bisa mencegah diabetes dan ada juga obat yang mengandung kayu manis yang memang sudah digunakan dibeberapa dokter.
  3. Bawang putih, mengandung tinggi anti oksidan.
  4. Jeruk, jeruk mengandung kurang lebih mengandung 50 sampai 100 miligram vitamin c, sebenarnya kita itu membutuhkan sekitar 1000 sampai 1500, oleh karnanya perusahaan industri difarmasi kedokteran  memproduksi vitamin c dalam bentuk tablet ada yang tablet isap dan sebagainya itu silahkan saja dikonsumsi.
  5. Teh, yang dikenal zat anti oksidan.
Cuma ingin mengingatkan yang penting ada dua hal sebelum mengonsumsi makanan, bersih dan cukup. Jadi bersih dicuci dan dimasak dengan matang, dikonsumsi sebagai mana mestinya dan tidak berkelebihan dan kekurangan, secara medis segala sesuatu zat yang tidak bersifat racun boleh  dikonsumsi

Secara singkat memahami dan mewaspadai perbedaan batuk

  1.  Untuk batuk batuk ini biasanya batuk kronis yang melebihi dua minggu atau satu bulan.
  2.  untuk batuk asma pasti memiliki riwayat asma.
  3.  batuk karna asam lambung, yang ini juga cukup banyak karena pola makan lifestyle orang berbeda beda sekarang makan seperti asam, kopi, teh, sambal. Maka akan terjadi gangguan struktur dan asam, sampai ke hidung atau tenggorokan. 

Batuk influensa atau virus influensa

Batuk bisa sembuh sendiri atas daya tahan tubuh kita sendiri, jadi tuhan itu menciptakan virus dan juga menciptakan daya tubuh untuk melawan virus, dalam batuk atau flu terdapat reseptor reseptor

Reseptor adalah tempat infeksi  terhadap organism, seperti virus influensa yang virusnya terdapat pada saluran nafas atas itu yang menyebabkan batuk pilek, jadi tidak ada influensa yang menyerang perut atau flu perut atau flu tulang.

Setiap orang jika terkena segera memeriksakan ke dokter gunanya untuk mengidentifikasi infeksi berbahaya atau tidak, kalau diidentifikasi sebagai influensa saja maka akan sembuh sendiri karena mempunyai daya tahan tubuh kita sendiri, tapi permasalahan batuk pilek itu bisa sampai satu minggu dua minggu. Jadi sebenarnya influensa sembuh dalam kurun waktu satu minggu, tapi kalau batu pilek dapat kepanjangan karena yang terstimulasi itu adalah reaksi arlogic.

Terkait dengan batuk dan pilek ini memanglah sangat mengganggu kita bukan cuma untuk diri kita sendiri tapi juga orang orang disekitar kita.

1 Response to "Cara mengatasi Penyakit yang sering Menyerang dimusim Hujan"

  1. waduh saya harus waspada karena sekarang lagi musim hujan

    BalasPadam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel