Cara agar tidur berkualitas yang baik


Cara agar bagaimana kualitas tidur kita itu baik
Saat tubuh lelah setelah banyak beraktifitas hal yang paling anda butuhkan adalah waktu beristirahat yang cukup namun bagaimana saat bangun tidur leher anda terasa kaku sakit yang menjalar hingga kebahu bahkan hingga sulit menoleh, sebagian masyarakat menyebut keluhan ini dengan salah bantal, salah bantal atau tengek dalam dunia medis sering dikenal istilah masoltren otot yang tegang atau otot yang ditarik.

Salah bantal terjadi saat otot terlalu teriritasi atau robek akibat sisi tidur yang kurang nyaman atau posisi bantal yang cukup tinggi, lalu bagaimana cara mengatasi salah bantal.

Nah pembaca postingan ini pasti setuju, bahwa kualitas tidur sangat menentukan mood kita dalam satu hari apalagi juga yang namanya tidur pasti sangat konsen sama bantal.

Benar gak sih istilah salah bantal?

Jadi bukanlah salah bantal tapi posisi kita tidur, jadi dalam posisi tidur disarankan agar tidak menabrak dari kelengkungan tulang belakang itu sendiri, ketika ada gangguan yang tidak sinkron tulang belakang sama tempat tidur pasti akan muncul gejala gejala yang tidak enak.

Apasih langkah pertama untuk meringankan gejala sakitnya?

Untuk meringankan sakit biasanya kita melakukan pemanasan pemanasan untuk meregangkan supaya untuk melawan kembali kekakuan tidur tadi.


Tentang kelengkungan tulang belakang
Jadi yang namanya tulang belakang, kita itu punya banyak ruas belakang dari leher sampai daerah pinggang sampai ketulang ekor, meskipun kita tampak berdiri tegak tapi yang namanya tulang belakang itu tidak rata seperti bambu,tapi ada dileher lengkung dipinggang lengkung, tulang leher ada tujuh ruas tulang.
Pernahkah kalian salah bantal, bukannya dileher tapi dipunggung dan pinggang? 

Jadi secara umum saraf dileher itu ada delapan saraf, dari delapan saraf ini banyak, ada yang menuju ke kepala sampai batas alis.

Beberapa mitos dalam tidur
  • Tidur miring bisa menyebabkan kerutan pada mata.
  • Posisi tidur miring ke kiri tidak baik untuk kesehatan.
  • Posisi tidur miring ke kiri membuat anda mimpi basah.
  • Tidur terlentang tidak dianjurkan untuk orang yang suka mendengkur.
Ada juga yang pegal pegal sampai ketangan, rasanya pegel tidak jelas dimana didalam kayanya tidak bisa dipegang, tapi semua bukan tangannya yang salah bukan pungungnya yang salah tapi pada kelengkungan dan saraf yang bermasalah.

Ketika anda pegal malah dipijat pijat inilah penjelasannya
Ketika dipijat memang berasa nyaman tapi itu subjektif, secara gambaran anatomi umum biasanya tidak berpengaruh.

Pegal pegal tidak bisa tengok(tengengan)
Itu kasus yang lumayan berat, jadi kaku dalam satu sisi, biasanya dalam kasus ini malamnya waktu posisi tidur dengan tengkurap atau miringnya agak ekstrim dan lama dengan posisi bantal yang tidak bagus, jadi akibatnya ada kekakuan disebelah sisi, jadi gini normalnya kita bisa menengok kekanan dan kekiri karena otot kanan kirinya bekerja dengan baik.

Ketika yang satu mengalami kekakuan yang dominan maka akan cenderung menengok kesisi sebelahnya, ketika mau menengok sisi lawannya tidak bisa, untuk gangguan seperti ini sebenarnya terapinya cukup banyak seperti visual terapi, intervensi pemberian obat injeksi atau yang paling penting adalah obat obatan yang dapat melemahkan otot.

Contoh kasus pertama

Salah bantal kemudian kalau bangun jadi pegal dan tambahnya usia jadi menjadi jadi.
Kalo kita ngomong bangun malah tambah pegal, sudah dijelaskan kesalahan posisi kita, bantal dan tempat tidur, dan lebih luas lagi lihat kebiasaan sehari, contoh misalnya : orang duduk dibelakang komputer posisi statis lama itu sudah menjadi satu point untuk lebih pegal, kemudian tempat tidurnya melengkung akan menyebabkan tulangnya berubah lagi, posisi salah, bantal ketingggian atau keras tapi hanya dikepalanya saja, leher dan bahunya tidak disangga, mungkin dengan disangga bahu kita ini akan tengah tengah ada ini akan mengembalikan kelengkungan tulang kita, jangan pakai dua bantal atau dilipat.

Apakah benar kualitas tidur yang baik ditandai dengan mimpi?

Kalau bicara mimpi atau tidak itu kita harus melihat secara objektif harus ada pemeriksaan sleep test dengan polizomnografi, gelombang otaknya yang mana saat tidur, kalau sampai gelombang gelombangnya bagus cukup baik.

Kualitas tidur yang baik
  • Membatasi tidur siang, tidur siang dapat menyebabkan sulit tidur dimalam hari untuk menghindarinya dengan mengalihkan hal hal lainnya seperti membaca atau berbincang dengan teman.
  • Kenyamanan ruang tidur, kebersihan kenyamanan ruang tidur sangat dipperlukan untuk mendapatkan tiduryang berkualitas.
  • Melakukan kebiasaan sebelum tidur, anda bisa melakukan hal hal yang membuat anda santai sebelum beranjak tidur sepeti mendengarkan musik.
  • Matikan semua alat elektronik, membiasakan tidur mematikan laptop, handphone, televisi dan eletronik lainnya, membuat anda akan mudah untuk tidur.
  • Matikan lampu, dapat mempengaruhi dampak buruk kualitas tidur, maka pastikan bahwa semua lampu bisa dimatikan ketika anda tidur. Jadi lampu itu memang ada suatu hormon melazolin, ia akan berfungsi dalam keadaan gelap, otomatis jika hormon ini bisa bekerja optimal maka kualitas tidur akan lebih baik lagi dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Buatlah jadwal tidur yang tetap, tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh.
Itulah beberapa cara mendapatkan tidur yang berkualitas, semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara agar tidur berkualitas yang baik"

  1. Waduh.. sangat bermanfaat ni gan buat ane yang susah tidur.. thanks buanget yea.. artikelnya sangat bermanfaat buat ane..

    BalasPadam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel